10 Reptil Paling Populer

Siapa sangka reptil tak punya penggemar? Di Dunia satwa klangenan, pehobi  reptil sudah mengalahkan jumlah pehobi kucing dan anjing. Di Inggris, misalnya, jumlah pemilik ular lebih banyak ketimbang pemilik anjing.

Di Indonesia? Sejak 2006-2007 komunitas reptil mulai bermunculan di berbagai kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Reptil tengah naik daun. Berikut 10 reptil klangenan paling populer di dunia pecinta reptil.

1. Cornsnake, ular dengan berbagai pola warna meriah di tubuh ini disukai karena mudah dirawat dan penurut sehingga selalu direkomendasikan hobiis pemula ular. Ular asal Amerika yang mencapai panjang 1,2-1,8 m ketika dewasa ini tidak berbisa serta dapat dipelihara selama 23 tahun.

2. Ball Python, ular silangan ini termasuk jenis yang direkomendasikan dipelihara pehobi pemula. Sifatnya tenang, mudah dirawat, dan menjadi miniatur python yang dikenal berukuran besar. Ular yang dapat mencapai panjang 1,2 m itu memiliki warna tubuh atraktif yang menggoda mata.

3. Leopard Gecko, merupakan satwa populer dengan corak tubuh terang yang suka berkeliaran mencari mangsa pada malam hari. Satwa yang dapat mencapai panjang 25 cm itu mudah dipelihara.

4. Bearded Dragon, satwa asli Australia ini termasuk kategori reptil yang perlu diberi perhatian khusus saat menjadi klangenan karena mudah stres.

5. Blue Tongue Skink, satwa asli Australia dengan keistimewaan memiliki lidah berwarna biru seperti julukan yang melekat blue tongue. Reptil yang dapat berumur panjang hingga 20 tahun itu terkenal mudah dirawat dan penurut.

6. Monitor lizard, bagi penggemarnya monitor lizard bak komodo di Indonesia, terkesan hewan purba, tetapi dengan warna tubuh atraktif biru. Monitor lizard termasuk satwa klangenan yang direkomendasi bagi hobiis pemula reptil.

7. Chameleon, mata dan lidah chameleon membuat banyak pecintanya jatuh hati. Matanya lebar bak koin. Lidahnya panjang hingga 15 cm yang berguna untuk menangkap mangsa.

8-10. Russian Tortoise, African Sulcata Tortoise, dan Red Eared Slider, ketiganya memiliki tampang imut dan mempunyai perilaku sosial saling melindungi dan menyayangi sesamanya. Keduanya direkomendasi bagi pehobi pemula kura-kura karena mudah dipelihara dan tidak gampang sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

25 − = 22