2 Jam di Kebun Raya Eka Karya Bali

anggrek-1Ingin berlibur sekaligus menyaksikan pesona bunga anggrek hitam Coelogyne pandurata yang mekar? Atau bunga-bunga anggrek dari sekitar 302 jenis seperti anggrek Anggrek kalajengking Arachnis flos-aeris atau Epindendrum radicans asal Amerika Selatan? Datanglah ke taman anggrek di Kebun Raya Eka Karya di Bedugul, Bali.

Kontributor Bebeja.com Utami Kartika yang datang pada medio Agustus 2014 selama 2 jam menyaksikan betapa koleksi anggrek di taman anggrek di kebun raya yang diresmikan pada 15 Juli 1959 itu sungguh menakjubkan. Bermekaran dengan warna-warna eksotis.

Kebun Raya Eka Karya yang bermakna pertama itu menempati lahan seluas 154,50 hektar dan hingga Juni 2014 sudah memiliki koleksi 6.307 jenis. Taman anggrek hanya salah satu bagian dari taman-taman tematis yang dibuat di kebun raya yang berada di ketinggian 1.250-1.450 meter dpl itu.

anggrek-2Bagi pecinta kaktus dan sukulen, misalnya, kebun raya yang populer disebut Bali Botanic Garden itu menjalankan fungsi antara lain inventarisasi, eksplorasi, koleksi, pemeliharaan, reintroduksi tanaman itu memiliki taman kaktus dan sukulen yang berisi koleksi dari 101 jenis dari 52 marga. Penampilan rumah bagi kaktus dan sukulen itu sungguh menawan.

Taman tematis lainnya adalah taman cyathea, taman begonia, taman usada, dan taman panca yadnya. Taman usada seluas 2 hektar misalnya, disesaki koleksi tanaman obat yang mencapai 336 jenis. Nah Anda mengunjungi taman panca yadnya, di sana terdapat ratusan jenis tanaman yang lazim dipakai dalam upacara Agama Hindu di Bali. Hampir 15% tanaman di taman panca yadnya merupakan jenis endemik alias hanya dijumpai di Bali.

Sejatinya Indonesia memiliki beberapa kebun raya yang dikembangkan sesuai karakteristik ekologi. Kebun Raya Bogor di Bogor, Jawa Barat contohnya fokus pada tumbuhan dataran rendah basah. Berbeda dengan Kebun Raya Cibodas di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang didominasi tumbuhan pegunungan khusus Kawasan Barat Indonesia.

Kebun raya lainnya adalah Kebun Raya Purwodadi yang menjadi spesialisasi untuk tumbuhan dataran rendah kering. Nah untuk tumbuhan pegunungan khusus di Kawasan Timur Indonesia terpusat di Kebun Raya Eka Karya di Bali yang berjarak 60 kilometer dari Denpasar. Selamat berkunjung.

taman-kaktus

anggrek-6 anggrek-5 anggrek-4 anggrek-3

2 Responses to 2 Jam di Kebun Raya Eka Karya Bali

  1. Keren sekali koleksi anggrek nya.Jadi pengen mampir deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

59 − 53 =