2 Pergola Elok Pengisi Taman

pergola2Ingin taman dengan pergola elok? Pilihlah tanaman Mucuna benetti yang berbunga corak merah jingga dan Strongilodon Macrobotrys hijau keunguan. Bunga keduanya mirip kuku-kuku macan dan menjuntai hingga 90 cm.

Mucuna benetti alias lampion irian berbunga 1-2 kali setahun, pada awal atau akhir musim hujan. Tanaman asli Iran itu pertamakali dikembangkan di Botanical Garden Singapura pascaperang dunia ke-2. Di sana anggota famili Leguminosae itu merambat panjang sehingga mampu menutup pohon tinggi di dekatnya.

Perbanyakan Mucuna benetti dan Strongilodon Macrobotrys dapat melalui biji, setek, dan cangkok. Perbanyakan dari biji memerlukan waktu hingga setahun sampai tanaman mulai berbunga. Meski demikian dari pengalaman pehobi, cara mencangkok merupakan perbanyakan terbaik untuk tanaman yang menyukai lokasi tempat di atas 300 m dpl itu. Cara itu juga membuat tanaman cepat berbunga, sekitar 6-7 bulan.

pergola1Syarat tumbuh tanaman yang tahan kondisi panas dan hujan itu mudah. Ia menginginkan media tanah subur bertekstur liat sampai gembur dengan pH 5,2-7 dan kelembapan 50-80 %.

Nah, sebelum menanam, pergola disiapkan terlebih dahulu. Cara menanamnya dengan membenamkan bibit pada lubang tanam. Tanaman lalu diikatkan pada tiang pergola. Untuk menghindari stres bahkan kematian tanaman, pascatanam, siram air secukupnya. Penyiraman juga mesti rutin dilakukan pada musim kemarau. Perawatan lain dengan memberi pupuk NPK 15-15-15 setiap 2 bulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

34 + = 43