2 Tips Cerahkan Arwana Superred

arwana-superred

Dengan melupakan faktor genetika terdapat beberapa cara untuk menaikkan warna merah pada arwana superred yang dipelihara di akuarium.

Pemakaian lampu UV sangat diwajibkan. Kekuatan sinar UV bergantung dari ukuran akuarium. Untuk akuarium 2,5 m x 1,5 m x 1 m dapat memakai lampu UV TFC 30-40 watt sebesar 38 lux. Cara termudah mengetahui lampu UV sudah sesuai kebutuhan adalah membiarkan lampu menyala selama 3 hari. Bila tumbuh lumut di dinding akuarium berarti sudah pas. Atau pakailah lampu untuk tanaman air.

Posisi lampu sangat vital. Sinar lampu harus menyorot langsung pada sisik di tubuh. Bisa juga meletakkan lampu persis di tengah-tengah akuarium. Agar sinar tak keluar, dinding akuarium dilapis stiker gelap. Yang disisakan cukup selebar ukuran lampu saja. Dalam 2 minggu warna ikan muncul.

Penambahan penutup stiker akuarium sangat efektif menaikkan warna. Sayang kiat itu secara estetika tidak indah. Seandainya kotak lampu tidak diangkat ikan tidak akan terlihat. Solusinya posisi lampu dicelup persis di bawah permukaan air. Selain sang siluk suka berenang dari depan, pemilik masih bisa menikmati keindahan siluk. Namun posisi itu berimbas mundurnya kemunculan warna menjadi 1-2 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 3 = 12