3 Jenis Rumput Gajah Pakan Hijauan

rumput-gajah0Ternak ruminansia seperti sapi, kerbau, kambing dan domba memerlukan pakan hijauan sebagai sumber pakan. Ruminansia besar seperti sapi dan kerbau membutuhkan pakan hijauan sebanyak 10% dari bobot tubuh atau setara 20-25 kg/ekor/hari. Untuk ruminansia kecil seperti kambing dan domba kebutuhan pakan hijauan mencapai 5-7 kg/ekor/hari.

Ketersediaan pakan hijauan selama ini menjadi masalah lantaran belum banyak peternak yang mau mengebunkan. Padahal di saat musim kemarau rumput yang dicari akan lebih sulit diperoleh.

Di pedesaan rumput alam diperoleh dari tegalan, lapangan, pematang sawah dan pinggiran jalan. Namun semakin menyempitnya lahan tersebut karena alih fungsi lahan, upaya penyediaan pakan hijauan dengan mengebunkan menjadi penting.

Salah satu jenis rumput yang layak dikebunkan adalah rumput gajah Pennisetum purpureum. Rumput gajah memiliki kadar protein hingga 9,72%. Persentase itu lebih tinggi daripada rata-rata rumput lainnya seperti rumput kawatan, lamuran, dan pahitan, tetapi sedikit lebih rendah daripada rumput raja dan australia. Dari sisi produksi rumput gajah memiliki produktivitas tinggi, rata-rata di atas 100 ton/ha/tahun. Dengan rata-rata produksi sebesar itu setidaknya dapat menjamin ketersediaan pakan hijauan bagi 10 sapi atau 35 kambing selama setahun penuh.

rumput-gajah1

rumput-gajah2

rumput-gajah3

rumput-gajah4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + = 16