4 Khasiat Pupuk Organik Cair

Salah satu jenis pupuk yang beredar di pasaran adalah pupuk organik cair. Aplikasi pupuk organik cair kebanyakan melalui daun sehingga pupuk tersebut sering dipanggil sebagai pupuk cair foliar (foliar=daun).

Pupuk cair biasanya mengandung unsur hara makro dan mikro esensial seperti N, P, K, S, Ca, Mg, B, Mo, Cu, Fe, dan Mn serta bahan organik.

Peran pupuk organik cair adalah memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah, selain meningkatkan produktivitas tanaman, kualitas buah, alternatif pengganti pupuk kandang serta mengurangi pemakaian pupuk kimia.

1. Mendorong pembentukan klorofil daun dan pembentukan bintil akar lebih banyak sehingga meningkatkan kemampuan fotosintesis tanaman dan penyerapan nitrogen dari udara.

2. Meningkatkan vigor tanaman sehingga sosok tanaman kokoh dan kuat serta meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan, lingkungan ekstrim, dan serangan patogen penyebab penyakit.

3. Merangsang pertumbuhan cabang produksi dan meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah.

4. Mengurangi gugurnya daun, bunga dan bakal buah.

Pemberian pupuk organik cair perlu mencermati dosis aplikasikan pada tanaman. Beberapa hasil penelitian menunjukkanpupuk daun penyemprotan pupuk organik cair melalui daun memberikan hasil pertumbuhan dan panen lebih baik daripada pemberian melalui tanah.

Semakin besar dosis pupuk, unsur hara yang diterima oleh tanaman semakin besar pula. Demikian juga frekuensi penyemprotan lebih sering berakibat tingginya unsur hara yang diserap tanaman. Apa dampaknya? Pemberian dosis berlebih malah menyebabkan timbulnya gejala layu pada tanaman. Sebab itu pakailah dosis tepat sesuai anjuran di kemasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

28 − = 19