5 Ciri Jamur Beracun

Jamur beracun beberapakali menjadi berita karena menyebabkan kematian bagi orang yang mengonsumsinya. Hal tersebut umum terjadi ketika musim pertumbuhan jamur secara alami di saat musim penghujan.

Terbatasnya pengetahuan mengenai sosok jamur beracun sering menjadi pemicu kematian tersebut. Beberapa hal bisa dijadikan pedoman untuk mengenali jamur beracun.

1. Jamur beracun memiliki warna mencolok seperti merah darah, cokelat, hijau, hitam legam, meskipun ada pula yang berwarna kuning muda dan putih.

2. Jamur beracun kadang mengeluarkan bau busuk karena jamur beracun menghasilkan senyawa sulfida. Itulah sebabnya serangga enggan hinggap di sana.

3. Jamur beracun biasanya tumbuh di tempat kotor seperti di tempat pembuangan sampah.

4. Jamur beracun bisa dikenali dengan mengeratnya memakai pisau atau logam mengandung perak seperti garpu dan sendok. Bila sedikit bagian logam yang dipakai mengerat timbul warna hitam berarti jamur mengandung sulfida. Namun, bila berwarna biru, tanda logam bereaksi dengan sianida.

5. Jamur beracun cepat sekali berubah warna saat dimasak. Oleh sebab itu ada kebiasaan turun temurun nenek moyang untuk mengenali jamur beracun: taruhlah jamur terlebih dahulu di atas nasi yang panas, bila nasi berubah warna (kuning, cokelat, dan hijau), tanda jamur beracun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

97 − 88 =