5 Herbal Pendongkrak Imunitas Tubuh

meniranSistem imunitas di tubuh penting sebagai benteng pertahanan tubuh terhadap aneka penyakit. Saat bayi sistem itu belum berkembang. Sebaliknya ketika usia kian menua pertahanan tubuh juga melemah. Pantas bayi dan orangtua lebih mudah sakit lantaran benteng pertahanan tubuh lemah.

Orang yang memiliki sistem imunitas tubuh prima tidak bakal terserang infeksi bahkan kanker. Tapi jika sistem imun terganggu, infeksi oleh bakteri, cendawan, dan virus mudah masuk ke dalam tubuh.

Pemicu melemahnya sistem imunitas yang utama adalah akibat polutan, stres, dan kurang gizi. Oleh sebab itu untuk meningkatkan sistem imunitas, pemicu-pemicu itu semestinya dapat diminimalisir.

Sistem imunitas tubuh dapat diperbaiki dengan mengonsumsi herbal. Beberapa tanaman obat berkhasiat memang sudah terbukti mampu meningkatkan imunitas tubuh alias sebagai imunomodulator. Salah satu herbal yang teruji klinis pada manusia adalah meniran Phyllanthus niruri. Anggota famili Euphorbiaceae misalnya mampu mengobati penyakit tuberkulosis (TBC).

Riset memperlihatkan pemberian ekstrak meniran kepada pasien TBC mampu menyembuhkan pasien tersebut 8 minggu lebih cepat ketimbang pasien yang tidak mengonsumsi meniran. Pasien TBC yang mengkonsumsi meniran sembuh pada pekan ke-6. Penyakit akibat menurunnya imunitas seperti asma, hepatitis, herpes, infeksi saluran pernapasan akut, dan keputihan juga sanggup dilawan oleh meniran yang sudah tersedia dalam sediaan biofarmaka bentuk  kapsul dan sirop.

bunga-roselaHerbal lain peningkat imunitas tubuh adalah kombinasi kunyit dan jahe. Kunyit berfaedah sebagai antibiotik dan menetralisir racun, sedangkan jahe untuk menghangatkan tubuh.

Cara pemakaiannya mudah. Setelah direndam air garam selama 10 menit, 5 irisan jahe dan 100 gram kunyit dikupas, blender, rebus dalam 1 liter air. Saring setelah mendidih dan tambahkan beberapa sendok madu sebelum diminum.

Bila memiliki jeruk nipis, peras 2 buah dan tambahkan madu. Ramuan itu juga mujarab meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi terbaik adalah menjelang tidur. Begitu pula rebusan bunga rosela Hibiscus sabdariffa manjur mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Sekitar 7 bunga berwarna merah itu direbus dalam 1 liter air bersama 2 daun pandan. Kerabat kembang sepatu berlimpah vitamin C yang akan meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga Anda dari serangan penyakit.

2 Responses to 5 Herbal Pendongkrak Imunitas Tubuh

  1. Bagus sebagai edukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + = 25