5 Kota Urban Farming Terbaik Di Amerika Serikat

Urban-FarmUrban farming memang menjadi tren sejak 2013. Seperti dilaporkan United State Department of Agriculture pada 2015, sekitar 15% hasil panen urban farming menjadi sumber pangan di area lokal tersebut.

Setiap orang yang memiliki lahan sempit maupun besar dapat menjadi pekebun. Berkebun pun tak melulu harus di tanah, tapi dapat dilakukan mulai di atap (roof garden) hingga pelataran maupun dinding rumah memakai sistem vertikultur.

Untuk mengetahui perkembangan urban farming, Redfin, sebuah lembaga real estate terkemuka di Amerika Serikat mensurvei kota-kota di seluruh Amerika Serikat yang sudah memperlihatkan kemajuan perkembangan urban farming.

Para periset dari Redfin memakai metode pencarian di mesin pencarian dengan memakai kata kunci greenhouse, garden, dan chicken. Yang disebut terakhir memang banyak diternak oleh warga. Riset tersebut berlangsung selama kurun 2013-2015. Berikut 5 kota terbaik urban farming di Amerika Serikat itu (foto-foto: redfin).

eugene-urban-farming1

1. Eugene
Eugene dinobatkan sebagai kota urban farming terbaik. “Setiap orang di Eugene menyukai berkebun dan memiliki pasar hasil panen pada setiap Sabtu,” ujar Megan Kemple, direktur program Willamete Farm & Food Coalition.  Setidaknya terdapat 6 komunitas urban farming yang berkebun sayuran serta ayam, bahkan kambing. Persentase di mesin pencarian: greenhouse (1,29%), garden (17,85%), dan chicken (1,4%).

Burlington-urban2

2. Burlington
Burlington yang merupakan bagian dari kota Vermont memiliki 400 komunitas dan grup berkebun. Hebatnya program urban farming di sana sudah masuk sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah. Persentase di mesin pencarian: greenhouse (1,25%), garden (16,70%), dan chicken (0,9%).

Santa-Rosa-urban3

3. Santa Rosa
Santa Rosa menempati urutan ketiga peringkat Urban Farming. Danielle O’Leary, manajer pembangunan ekonomi setempat menyebutkan kehadiran urban farming cukup menyokong perkembangan ekonomi di Santa Rosa. “Banyak pelaku usaha yang muncul dari kegiatan urban farming,” ujarnya. Harap mafhum produk sayuran urban farming yang dikelola secara organik sudah mampu menembus hotel dan restoran di kota itu. Persentase di mesin pencarian: greenhouse (0,5%), garden (15,00%), dan chicken (0,7%).

Greenville-urban4

4. Greenville
Greenville merupakan salah satu kota dengan pemandangan menarik di South Carolina yang begitu peduli dengan pangan sehat. Sumber pangan sehat itu adalah memastikan produk-produk konsumsi jelas asal-usulnya, salah satunya melalui urban farming. Keberadaan urban farming di Greenville bahkan sudah menjadi objek rekreasi bagi wisatawan yang berkunjung. Persentase di mesin pencarian: greenhouse (0,15%), garden (15,50%), dan chicken (1,5%).

Orlando-urban5

5. Orlando
Orlando menempati peringkat ke-5 urban farming. Kepedulian warga dan dukungan pemerintah setempat untuk menjaga ketahanan pangan di wilayah itu melalui urban farming menurut Brent Buffington, direktur Eksekutif Growing Orlando sudah berlangsung sejak lama. “Banyak warga memulai menanam aneka sayuran di lahan mereka sendiri, lalu membentuk komunitas dan suatu sistem pemasaran,” ujar Brent. Persentase di mesin pencarian: greenhouse (0,12%), garden (14,90%), dan chicken (0,1%).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =