70% Perempuan Obesitas Berisiko Kanker Payudara

obesitasPerempuan yang mengalami obesitas alias kegemukkan perlu waspada. Studi baru yang dilakukan peneliti di Roswell Park Cancer Institute di New York, Amerika Serikat, memperlihatkan 70% perempuan obesitas memiliki risiko terkena kanker payudara.

Kehadiran kanker payudara itu lantaran perempuan obesitas memiliki penanda gen mTOR. Penanda gen ini sedikit dijumpai pada perempuan yang tidak mengalami obesitas. Pada perempuan obes penanda mTOR meningkat 210%.

Menurut Yuan David Cheng, peneliti, perempuan obesitas berkulit putih memiliki penanda gen mTOR lebih banyak 8 kali lebih tinggi. Studi yang dilakukan pada 1.300 perempuan kulit putih dan 1.300 perempuan berkulit hitam di New York dan New Jersey dengan kisaran umur 20-70 tahun memperlihatkan hal itu. “Perempuan dengan Body Mass Index (BMI) 25 atau lebih memiliki gen mTOR lebih banyak,” kata Cheng.

Sejatinya gen mTOR terlibat dalam pertumbuhan sel dan pembentukan pembuluh darah. Keduanya memegang peranan penting bagi pertumbuhan kanker. Mengapa gen tersebut aktif pada perempuan obesitas? Hal itu lantaran gen mTOR terpicu aktif akibat asupan energi dari kalori berlebihan. “Asupan energi yang berlebihan membuat gen aktif dan kanker tumbuh,” kata Cheng yang mempresentasikan studi itu pada pertemuan American Association for Cancer Research.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 1 =