8 Langkah Remajakan Pohon Kakao

pohon-kakaoTeknologi sambung samping kini menjadi pilihan para pekebun untuk meremajakan pohon kakao tua, di atas umur 15 tahun. Saat itu produksi buah menurun untuk populasi 900-1.000 pohon/ha dari semula 2 ton menjadi 500 kg.

Salah satu cara untuk membuat pohon kembali muda sehingga produksinya normal kembali adalah teknik sambung samping.

Teknik sambung samping mempunyai banyak kelebihan seperti peremajaan dalam waktu singkat. Tujuh bulan pascapenyambungan, pohon mampu berbunga kembali. Dari bunga menjadi buah siap panen perlu 5—6 bulan sehingga dalam waktu setahun pekebun sudah dapat menuai hasil.

Nah bila harus menebang seluruh pohon dan menanam ulang, pekebun baru dapat memanen 3 tahun kemudian. Pekebun tetap dapat memanen kakao, walau entres yang disambung belum berproduksi.

Hasil buah dari batang bawah tetap dapat dipertahankan. Beberapa klon anjuran untuk batas atas adalah sulawesi 1, sulawesi 2, ICS60, ICS 13, TSH 858, UIT 1, GC 7, RCC 70, RCC 71, RCC 72, dan RCC 73. Penyambungan sebaiknya pada awal musim hujan. Kunci keberhasilan sambung samping adalah tercukupinya kebutuhan air pada entres untuk mencegah dehidrasi.

8 Langkah Remajakan Kakao

1. Siapkan gunting pangkas, pisau okulasi, kantung plastik berukuran 18 cm x 18,5 cm dan tebal 0,01 mm, serta tali rafia ukuran 1,25 m-1,5 m. Jika hendak menyungkup, gunakan plastik lembaran 20 cm x 30 cm.

2. Tentukan lokasi penyambungan di batang utama atau cabang sekunder. Posisi sambung samping minimal 50-60 cm di atas permukaan tanah. Pilih bagian yang halus dan tanpa mata tunas. Sebuah pohon dapat disambung samping hingga 2 buah masing-masing sebuah sambungan di sisi kiri dan kanan.

3. Sayat kulit batang selebar 1 cm dan panjang 2-4 cm dengan pisau bersih. Ketebalan sayatan mencapai kambium. Kemudian buka sayatan dengan hati-hati agar tak merusak kambium.

4. Ambil entres atau mata tunas dari klon unggul sepanjang 20 cm atau terdiri atas 5 mata tunas. Sayat miring pangkal entres atau runcing kira-kira 3-4 cm.

5. Masukkan entres ke dalam dasar lubang sayatan. Sisi sayatan entres menghadap batang bawah. Tutup kulit batang bawah sambil ditekan menggunakan ibu jari tangan. Selimuti entres dengan kantung plastik dan ikat kuat dengan tali rafia untuk mencegah air hujan masuk. Buat sambungan di lebih satu tempat untuk mencegah kayu batang bawah keropos atau tunas baru tumbang.

6. Bila kondisi entres pada 3-4 pekan usai penyambungan tampak segar, menandakan proses sambung samping berhasil. Bila entres kering atau busuk lakukan penyulaman.

7. Untuk menyulam, lakukan sambung ulang pada sisi yang berlawanan dengan letak sambungan awal. Bila tunas yang tumbuh panjangnya 2—3 cm, tutup entes bisa dibuka bertahap. Tujuannya memberi kesempatan tunas berkembang sempurna. Dua bulan pascapenyambungan biasanya entres melekat erat pada batang bawah.

8. Tiga bulan pascasambung samping, pangkas setengah tajuk batang bawah. Pemangkasan pemeliharaan dilakukan umur 7-10 hari pascapenyambungan dengan memotong ranting yang terlalu rimbun.

2 Responses to 8 Langkah Remajakan Pohon Kakao

  1. maaf bebeja, bisa disertakan foto tutorial langkahnya untuk sambung samping, biar lebih jelas lagi, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 5 =