Aglaonema Siap Kontes

aglaonemaBagi pehobi aglaonema, bisa mengikuti kontes menyenangkan. Kesenangan itu berlipat-lipat saat aglaonema yang dipersiapkan jauh-jauh hari menang. Berikut persiapan dan perawatan supaya aglaonema siap berlaga di kontes.

1. Pilih aglaonema berwarna cerah dan susunan daun seimbang. Pastikan tidak terdapat salah satu sisi tanaman yang terlihat kosong. Agar tanaman terlihat kompak, pilih tanaman yang memiliki 3 anakan. Posisi anakan itu harus mengelilingi induk. Bila terdapat anakan yang tumbuh menyempal, posisi tumbuh perlu diperbaiki.

2. Trik supaya anakan aglaonema mengitari induk adalah menempelkan ranting kering ke batang anakan agar posisi anakan “dipaksa” mengitari induk. Perlakuan itu hanya bisa berjalan bila penempelan dilakukan saat anakan masih kecil. Bagian ranting yang menyangga anakan perlu dibungkus selotip supaya tidak melukai batang.

3. Taruh aglaonema di tempat teduh yang masih berpeluang memperoleh sinar matahari pagi. Hindari tanaman dari cipratan hujan untuk meminimalisir serangan penyakit.

4. Sungkup aglaonema dengan plastik. Sembari disungkup, dilakukan perawatan rutin dengan memakai pupuk slow release atau lambat urai setiap 2 bulan dengan dosis 1 sendok makan. Perlakuan itu dikombinasikan penyemprotan pupuk daun seperti Gandasil dan Growmore per 2 minggu. Pupuk disemprotkan ke daun hingga basah. Lakukan pula penyemprotan insektisida, fungisida, dan bakterisida untuk mencegah hama dan penyakit setiap 2 pekan secara bergantian.

5. Lakukan penyiraman setiap 3 hari hingga media basah oleh air. Secara rutin, daun dilap dengan air bersih atau air kelapa agar mengkilap.

6. Bila dalam perawatan aglaonema dijumpai media terlihat mengeras, segera ganti. Volume media yang diganti cukup 50%. Campuran media pengganti adalah pasir, sekam bakar, pakis hancur, dan humus andam dengan perbandingan 1:1:1:1:2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

86 + = 95