Agrowisata Di Jalur Mudik

kebun-plantera

Sepanjang jalur mudik dari Jakarta, Bogor, atau Bandung, misalnya, yang menuju ke Jawa Tengah melalui Jalur Pantai Utara (Pantura) ternyata dapat dijumpai lokasi-lokasi agrowisata menarik.

Selain lokasi itu dapat disinggahi oleh para pemudik, agrowisata tersebut menawarkan sensasi dan pemandangan yang bisa membuat tubuh dan pikiran Anda jauh lebih segar. Berikut lokasi agrowisata pilihan di Jalur Pantura.

1. Agrowisata Kebun Buah Plantera Fruit Paradise. Agrowisata Kebun Buah Plantera-sebutan populer-berada di area seluas 234 hektar di Desa Ngebruk, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Lokasi agrowisata yang dikelola oleh manajemen PT Cengkeh Zanzibar itu menyediakan pemandangan kebun buah dan panen buah segar sesuai dengan musim panen jenis buah yang ada. Beragam jenis buah ditanam di sana seperti durian monthong, lengkeng itoh, buah naga, srikaya, melon, semangka, rambutan binjai dan rapiah, hingga jambu air citra yang terkenal.

2. Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Kebun teh Pagilaran yang berada di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah menampilkan pemandangan hamparan teh dengan kesejukkan udara yang menyegarkan. Pengelola kebun teh yang berada di ketinggian 1.000-1.500 m dpl itu menyajikan berbagai kegiatan menarik seperti tea walk, melihat proses pembuatan teh mulai dari pemetikan, pengolahan, sampai pengepakan di pabrik. Di lokasi kebun teh juga terdapat Anda dapat mengunjungi air terjun Binorong dan Kembar.

3. Agrowisata Mancing Jimbaran. Wisata Mancing Jimbaran di Bandungan, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menawarkan sensasi memancing yang mengasyikan. Selain dapat memancing aneka jenis ikan seperti nila, gurami, dan lele, Anda dapat memasaknya langsung di rumahmakan yang ada.

4. Pasar Agrowisata Soropadan. Lokasi agrowisata Soropadan seluas 6,5 hektar di Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menawarkan pemandangan berbeda. Di sana terdapat toko-toko penjual komoditas agribisnis seperti anggrek dan tanaman hias lainnya. Di area itu juga terdapat kebun buah dan sayuran. Anda dapat menikmati rambutan, lengkeng, salak, hingga tomat yang panen dijual segar kepada pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 57 = 65