Air Kelapa Sumber Isotonik

Air kelapa secara alami sudah memiliki komposisi mineral, gula, dan kandungan elektrolit sempurna. Komposisi itu mirip cairan tubuh manusia. Jika ditelisik, air kelapa yang memiliki rasa manis dan citarasa kelapa yang khas itu kaya berbagai unsur.

Potasium misalnya terdapat dalam jumlah besar antara 247-290 mg. Selain itu terdapat 1,7-2,6% gula, 0,07- 0,55% protein, 0,7-3,7% vitamin C, dan sedikit vitamin B kompleks. Air kelapa juga berisi 20 jenis asam amino, asam organik, asam nukleat, gula alkohol, mineral, vitamin, dan zat pengatur tumbuh seperti asam nikotinat, auksin, giberelin, pyrodoksin, dan thiamin. Bahkan protein yang ada persentasenya yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi.

Air kelapa umumnya bila sekali dibuka dan dikeluarkan dari tempurung mudah mengalami perubahan citarasa sekaligus penurunan nilai gizi. Usaha pengawetan sudah sering dilakukan, tapi upaya itu sulit dilakukan karena air kelapa sangat sensitif terhadap panas. Lalu bagaimana mengetahui bila air kelapa yang saat ini sudah banyak dikemas sebagai minuman ringan telah rusak? Kerusakan minuman ringan air kelapa biasanya ditandai oleh terjadinya kekeruhan dan banyaknya endapan.

One Response to Air Kelapa Sumber Isotonik

  1. Air kelapa memang bagus untuk kesehatan, hanya saja bila air kelapa tersebut langsung diminum dari kelapa tersebut, apabila sudah masuk dalam kemasan khasiatnya tidak secara langsung dapat kita rasakan, karena sudah melalui berbagai proses kimia dan sebagainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 6 = 2