Ajir Baru Tahan 10 Tahun

ajir baruPekebun selama ini membuat ajir sebagai tempat rambatan dan penahan tanaman agar tegak dari bilah bambu. Umumnya masa pakai ajir bambu itu singkat hanya satu kali musim tanam.Harap mafhum bambu mudah lapuk lantaran terkena air dan paparan panas matahari.

Berapa jumlah ajir yang diperlukan saat menanam? Salah satu komoditas yang selalu memakai ajir adalah cabai. Andai 1 hektar lahan cabai dengan populasi 16.000 tanaman seluruhnya memakai ajir bambu setinggi 1 meter, dan setiap ruas bambu dapat dibuat 8 bilah ajir, untuk populasi sebanyak itu diperlukan setidaknya lebih dari 200 batang bambu (asumsi panjang setiap bambu 10 meter). Saat ini sebatang bambu harganya mencapai Rp8.000-Rp10.000.

Kerepotan pekebun yang harus menyiapkan ajir baru setiap kali menanam itu kini teratasi dengan teknologi baru ajir yang dikeluarkan PT Takiron Indonesia.

Ajir baru berbahan besi dengan lapisan plastik polyethilen itu tahan selama 10 tahun pemakaian. Ajir bercat hijau selebar 1,1 cm dengan tinggi 1,5 meter itu cukup ringan karena bobotnya hanya 0,12 kg per ajir. Menurut Rudi, pekebun cabai asal Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, ajir itu sangat berguna. “Kami akan mencobanya karena bambu tidak selalu tersedia,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 5