Alternatif Media Aklimatisasi Kantong Semar

Sphagnum moss alias lumut selama ini menjadi pilihan utama media aklimatisasi planlet kultur jaringan nepenthes alias kantong semar. Sifat sphagnum moss yang mampu mengikat air sekaligus menjaga kelembapan media dalam waktu lama efektif mujarab mengurangi stres tanaman pada proses aklimatisasi itu. Meski demikian, harga sphagnum moss yang mahal acapkali menjadi kendala.

Alternatif media aklimatisasi pengganti sphagnum moss yang murah dapat memakai kombinasi arang sekam serta cocopeat dengan perbandingan 1:1. Caranya, kedua bahan itu dicampurkan terlebih dahulu lantas direndam dalam wadah air selama sehari semalam. Sebelum dipakai di pot, bahan media itu diperas. Pemindahan planlet kantong semar dilakukan dengan mengisi ¾ pot dengan media aklimatisasi itu.

Selanjutnya, planlet yang dipisahkan dari media agar di wadah air, akarnya terlebih dahulu dibungkus media tanam tersebut. Berikutnya, planlet ditanam di dalam dalam pot. Selama berada dalam media aklimatisasi sekitar 3 bulan, tanaman harus tertutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 86 = 90