Aneka Model Liukan Batang Bambu Rejeki

bambu-rejeki-emeraldSugiarto Budi di Jakarta Utara termasuk yang mempercayai benda hoki alias pembawa keberuntungan. Sebab itu ia merawat lou han, arwana, dan bambu rejeki di rumah. Ketiganya memang kondang sebagai hewan dan tanaman pembawa hoki.

Khusus bambu rejeki¬†Dracaena sanderiana, Sugiarto memelihara bambu rejeki emerald alias permata yang dibeli di salah satu pameran tanaman hias di Jakarta seharga Rp450.000. “Saya menaruhnya di pojok ruang tamu,” kata pria 43 tahun itu.

Sejatinya bambu rejeki yang habitusnya dari negara di Afrika seperti Kamerun itu berbatang ramping dan lentur serta berdaun memanjang. Bukan di tanah asalnya, melainkan di Tiongkok dan Jepang bambu rejeki itu kemudian populer lantaran dipercaya membawa hoki hingga diyakini memberikan energi positif.

Uniknya lantara berbatang lentur, bambu rejeki dapat dibentuk menjadi pola-pola menarik meliuk-liuk seperti kepang, keranjang, nanas, naga, hingga mahkota alias crown. “Pola-pola itu dibuat dengan mempertimbaangkan dapat memberikan fengshui bagus,” ujar Sugiarto.

Di tanah air setidaknya terdapat 4 model bambu rejeki yang dijumpai dan dijual, yakni kepang, emerald (permata), pineapple (nanas), dan bamboo crown yang menyerupai mahkota. Harga? Bervariasi antara dari termurah Rp100.000 hingga Rp800.000, tergantung dari ukuran serta jenis pot. Nah, bambu rejeki termasuk tanaman tahan banting dan mudah perawatannya. Tanaman itu bahkan bisa tetap tumbuh baik meski hanya memakai media air semata.

bambu-rejeki2

bambu-rejeki-pineapple-atau-nanas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

79 − = 72