Anjing Pelacak Untuk Produk Pertanian

anjing-pelacak-produk-pertanianSam dan Mollie ditahbiskan menjadi anjing pelacak untuk produk pertanian di Bandara Perth, Australia. Kedua anjing tersebut diperkenalkan pada Perth Royal Show 2016, 23-30 September 2016.

Kedua anjing itu telah menjalani masa pelatihan selama setahun untuk bisa mengendus berbagai produk buah, sayuran, bahan tanaman, madu, hingga biji-bijian yang boleh jadi diselundupkan penumpang maupun kargo di bandara itu.

Kehadiran anjing pelacak tersebut merupakan tindakan biosekuriti yang cukup penting. Menteri Pertanian dan Pangan Australia Barat Mark Lewis menuturkan biosekuriti yang ketat akan mencegah hama dan penyakit dari luar masuk,” katanya seperti dikutip dari abc.net.au.

Sejatinya pemakaian anjing untuk melacak produk pertanian sudah dilakukan sejak 1970. Meksiko menjadi negara pertama yang memanfaatkan anjing pelacak tersebut lantas diikuti oleh United State Departement of Agriculture (USDA) Amerika Serikat.

Sampai 1983, anjing trah besar yang banyak dipakai. Namun pada 1984, USDA mulai memakai anjing beagle dan disebut brigade beagle. Jenis anjing itu sampai saat ini menjadi favorit sebagai anjing pelacak, selain jenis labrador di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 8