Anjing Tidak Takut Mobil

Membawa anjing di mobil seringkali bermasalah karena sang anjing “ketakutan”. Namun ada cara untuk melatihnya. Latihan dimulai dengan memperkenalkan sang anjing pada mobil yang akan sering dipakai.

Gunakan tali penuntun yang dipasang pada leher untuk mengontrol gerakan anjing bila sewaktu-waktu ia berontak. Dekatkan anjing ke mobil dan ikat anjing pada tiang terdekat. Tinggalkan beberapa saat agar mengenali kendaraan itu. Pada tahap awal perkenalan, mesin mobil tidak perlu dihidupkan.

Latihan dilanjutkan dengan gerakan mengelilingi mobil. Biarkan ia menciumi seluruh bagian mobil. Ciptakan citra dalam pikiran anjing bila mobil tidak menakutkan. Begitu anjing mulai terbiasa, lanjutkan latihan masuk ke mobil.

Caranya, buka salah satu pintu, misal bagasi. Anjing trah besar leluasa melompat keluar-masuk, tetapi tidak dengan anjing trah kecil yang perlu digendong saat memasuki kendaraan. Biarkan mereka mencium setiap sudut mobil. Perhatian! Jangan pernah memaksanya naik ke mobil karena menyebabkan trauma pada anjing. Bila anjing enggan masuk mobil, coba berikan iming-iming memakai mainan atau pakan.

Selama latihan ajaklah anjing bercakap-cakap agar terkesan itu sekadar bermain. Jangan lupa mengucapkan pujian Bagus atau Good sambil mengusap-usap leher. Latihan berikutnya beri perintah duduk atau tiarap di kursi atau bagasi. Bila anjing melakukan dengan baik, lanjutkan dengan latihan tinggal.

Tunggu reaksinya sampai anjing mau ditinggal sendirian. Jika ia melompat dari mobil, ulangi latihan dari awal. Anjing terbiasa berada di dalam mobil dapat dilatih keberanian berkendaraan. Caranya hidupkan mesin mobil. Jaga anjing jangan sampai panik begitu mendengar deru mesin, apalagi melompat keluar mobil. Untuk menenangkannya cukup menepuk dada, mengelus leher sambil mengajak bercakap-cakap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

51 − = 46