Apel Cegah Asma Dan Alergi Pada Bayi

apelKolaborasi riset peneliti dari Universitas Utrecht di Belanda dan Universitas Aberdeen di Skotlandia menemukan fakta bila konsumsi apel minimal seminggu 4 kali oleh ibu hamil dapat mengurangi potensi serangan asma dan alergi pada bayi yang dilahirkannya, seperti dikutip dari Asthma and Allergy Foundation of America.

Hasil itu merupakan kesimpulan dari penelitian terhadap 1.212 bayi lahir dari ibu yang rajin mengonsumsi apel dan dipantau hingga mereka berumur 5 tahun.

Riset itu memperlihatkan ibu yang rajin mengonsumsi apel 4 kali seminggu minimal satu buah, akan melahirkan anak yang peluang terpapar asma dan alergi sebesar 37%.

Persentase itu lebih kecil dibandingkan ibu hamil yang sama sekali tidak mengonsumsi apel. Mereka berpeluang menurunkan anak yang rentan terserang asma dan alergi sebesar 53%. Para peneliti itu menyebutkan peran senyawa flavonoid di apel yang memberi efek perlindungan anak dari asma dan alergi.

Penelitian lain terkait khasiat apel untuk asma juga dipublikasi di Journal of Amerika Respiratory Critical and Care Medicine Volume 170 (hal 725-729). Riset itu menjelaskan konsumsi 2 apel setiap pekan mampu mereduksi serangan asma hingga sepertiganya pada orang dewasa. Riset itu mengungkapkan peran antioksidan tinggi pada kulit apel dalam menjaga daya tahan tubuh sehingga mampu meminimalisir serangan asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

42 − = 39