Banyak Alpukat Di Kampung Cipedak

alpukat-cipedak2Di mana sentra alpukat saat ini di DKI Jakarta? Datanglah ke Kampung Cipedak di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Banyak warga di kampung yang tidak jauh dari lokasi wisata Setu Babakan itu menanami pekarangan dengan 1-3 pohon Persea americana. Sebagian besar anggota famili Lauraceae itu sudah berumur di atas 5 tahun dengan tinggi mencapai 3,5 m.

Populasi pohon alpukat di kampung tersebut diperkirakan mencapai 700 pohon. Sebagian besar pohon-pohon itu sudah rajin berbuah selepas umur 3 tahun. Puncak panen raya pohon alpukat yang sering menjadi tempat bermain anak itu berlangsung pada April-Juni.

alpukat-cipedak1Saat panen raya tersebut produksi buah yang rata-rata mencapai bobot 300-400 gram itu dapat mencapai di atas 40 ton. Hebatnya seluruh hasil panen tersebut langsung habis karena dibeli konsumen dari warga di sekitar Kampung Cipedak serta pedagang-pedagang buah di Jabodetabek.

Alpukat dari Kampung Cipedak tergolong istimewa. Daging buah berwarna kuning mentega dengan rasa pulen, tanpa serat dan rasa pahit. Dalam sekilo alpukat terdapat 2-3 buah.

Penanaman alpukat di Kampung Cipedak dirintis oleh sesepuh warga Kampung Cipedak, H. Jazuri, sebagai upaya penghijauan pada 2005. Alpukat dipilih lebih karena buah itu sangat melekat dalam budaya warga asli Jakarta, Betawi itu.

Buah kerja keras itu berujung manis karena saat ini alpukat cipedak mulai sohor ke beberapa daerah sehingga menjadi sumber pendapatan lain warga kampung Cipedak. Harap mafhum, harga jual alpukat cipedak mencapai Rp15.000/kg. Belum lagi permintaan bibit yang mengalir dari berbagai daerah

alpukat-cipedak3Sejatinya penanaman pohon alpukat paling cocok di daerah dataran menengah hingga dataran tinggi. Namun di Kampung Cipedak yang notabene dataran rendah dengan ketinggian 52 m dpl, tetap mampu membuat pohon-pohon alpukat yang populer disebut sebagai alpukat miki itu tumbuh baik.

Perawatan alpukat-alpukat itu tergolong sederhana. Menurut Mamat, warga, tanaman hanya diberikan pupuk kandang sebagai pupuk dasar supaya tanah gembur. Beberapa warga sering kali menyiramkan air cucian beras serta menaruh sampah organik di sekitar tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 5