Batang Pisang Dan Beras Enak

Batang pisang ternyata mengandung banyak manfaat. Selain bisa menjadi starter saat pembuatan kompos karena banyak mengandung mikroorganisme berguna, batang pisang bisa membuat beras berasa enak, gurih, dan tahan lama disimpan.

Caranya ambil batang pisang sepanjang 15-20 cm. Buang kulit terluar, lalu cacah kecil-kecil bonggol pisang tersebut. Cacahan tersebut lantas ditumbuk atau diblender hingga halus sampai mengeluarkan cairan berwarna agak kecokelatan.

Saring dan buang ampas batang pisang. Berikutnya cairan ekstrak batang pisang yang ada itu dicampurkan dengan 2 liter air. Selanjutnya ambil beras sebanyak 3-4 liter dan rendam di dalam cairan ekstrak tersebut selama 2-3 jam. Bila hendak dimasak, cuci dahulu dengan air bersih, tapi bila hendak disimpan lama, keringanginkan beras tersebut.

8 Responses to Batang Pisang Dan Beras Enak

  1. Batang pisang itu dalam bahasa awa disebut ares?

    • Batang pisang yang dipakai adalah batang pisang tua. Sebutan ares lebih mengacu pada batang pisang muda yang dipakai untuk bahan sayuran. Salam bebeja

  2. Terimakasih bebeja besok langsung praktek.

  3. Setelah direndam 2-3 jam dan dikeringkan, bolehkah pengeringannya memakai oven?

    • Pengeringan dengan memakai oven ataupun penjemuran di bawah terik matahari hingga dikeringanginkan dapat dilakukan. Salam bebeja

  4. Mau mencobanya. Terimakasih informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 74 = 83