Bawang Dayak Turunkan Kadar Gula Darah

bawang-dayak3Bepergian jauh berkendaraan bagi Karsiman hal biasa. Kesibukannya sebagai tenaga pemasaran sebuah usaha perdagangan perkebunan memang membuatnya sering bertugas keluar kota hingga berhari-hari. “Saya biasa menyetir kendaraan sendiri saat bertugas,” ujar pria 46 tahun itu.

Namun pada Desember 2013, Karsiman merasakan sesuatu yang tidak biasa di tubuhnya. Badannya terasa lemas sehabis menempuh perjalanan dari Jakarta ke Kediri pulang-pergi. “Selama perjalanan sering mampir buang air kecil di toilet,” ujar ayah 2 anak itu.

Karsiman menduga kadar gula darahnya tengah tinggi. Harap mafhum kadar gula darah Karsiman berkisar 130-140 mg/dl. Benar saja saat mengecek ke laboratorium, kadar gula darah Karsiman mencapai 491 mg/dl. Tak hanya itu selama 3 bulan berikutnya bobot tubuh Karsiman menurun menjadi 60 kg dari semula 76 kg selama 3 bulan. “Semua baju dan celana mendadak jadi kebesaran,” ujar Karsiman mengenang.

Karsiman menduga melonjak kadar gula darahnya karena kebiasaannya meminum air manis dan minuman bersoda setiap kali merasa haus. “Saya juga tidak pantang memakan satai, tongseng, dan durian,” katanya. Kondisi mudah lemas itu pada ujungnya mengganggu aktivitas Karsiman. “Saya sudah jarang bepergian keluar kota,” katanya.

banner-bawang-dayakKesembuhan datang setelah seorang rekan Karsiman menyarankannya mengonsumsi kapsul bawang dayak setelah melihat kondisi Karsiman yang tidak lagi bugar. Selama 2,5 bulan, Karsiman rutin mengonsumsi kapsul bawang dayak 3 kali sehari, masing-masing 2 kapsul. “Saran di kemasan 2 kali sehari, tapi saya meningkatkan dosis sampai 3 kali sehari,” tuturnya.

Walhasil upaya itu berhasil menurunkan kadar gula darahnya secara bertahap hingga pada Juni 2014, kadar gula darahnya sudah mencapai 128 mg/dl dan menginjak Agustus 2014, kadar gula darahnya sudah ajek di kisaran 105-110 mg/dl. “Tubuh lebih bugar dan bobot saya naik kembali hingga ke 73 kg,” katanya.

Saat ini Karsiman sesekali mengonsumsi kapsul bawang dayak seminggu 2 kali sebagai tindakan preventif dan sudah mengurangi konsumsi minuman manis. “Untuk makan saya tidak memiliki pantangan. Jadi kegemaran saya menyantap satai dan tongseng tetap jalan terus,” kata Karsiman.

2 Responses to Bawang Dayak Turunkan Kadar Gula Darah

  1. Harganya berapa Gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 14 = 19