Bayam Buat Kepiting Jadi Lunak

kepitingMungkinkah kepiting menjadi lunak sehingga seluruh tubuhnya dapat disantap seperti kepiting soka? Jawabnya bisa! Itulah riset  Yushinta Fujaya Muskar, dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Doktor biologi Institut Pertanian Bogor itu ekstrak bayam dapat membuat kepiting menjadi lunak.

Bayam Amaranthus tricolor mengandung hormon ekdisteroid. Hormon itu pula yang terdapat saat kepiting moulting alias berganti kulit. Secara periodik anggota keluarga Crustaceae itu moulting untuk tumbuh menjadi besar. Sayang jumlah hormon ekdisteroid di tubuh kepiting sedikit, hanya sekitar 500 nanogram/kg bobot tubuh. Itu sebabnya proses moulting kepiting memakan waktu hingga 30 hari.

Jadi bila ada asupan hormon ekdisteroid dari luar, proses ganti kulit itu bakal berlangsung lebih cepat. Sumbernya? Ya ekstrak bayam. Agar ekstrak bayam itu mengeluarkan ekdisteroid, bayam perlu difraksinasi atau menjalani pemisahan senyawa yang diulang sampai 4 kali. Proses itu berakhir setelah senyawa aktif yang diinginkan dipurifikasi alias dimurnikan. Dari 1 kg bayam dapat diperoleh 250 mg ekdisteroid.

bayam-aYushinta mengujinya memakai 100 kepiting terseleksi berbobot 80-100 g per ekor. Kepiting-kepiting itu disuntik ekstrak bayam di ruas pangkal kaki dengan selaput lunak. Dosis injeksi adalah 1/10 mg per kg bobot tubuh.

Dari pangkal kaki itu hormon ekdisteroid ekstrak bayam menyebar ke seluruh tubuh. Riset itu memperlihatkan pada hari ke-4 kepiting siap moulting dan pada hari ke-16 sekitar 70% kepiting sudah moulting sempurna.

Selain bayam menurut Yushinta, keluarga paku-pakuan potensial sebagai sumber hormon ekdisteroid. Namun paku-pakuan lebih sulit diperoleh karena hidup di daerah dataran tinggi. Berbeda dengan bayam yang mudah dijumpai.

Nah dari riset yang berlangsung pada 2007 itu bagian tersulit adalah menentukan dosis tepat hormon ekdisteroid supaya kepiting segera moulting. Harap mafhum bila dosis kurang dari 1/10 mg per bobot tubuh, kepiting moulting seperti di habitatnya, 30 hari. Sebaliknya di atas 1/10 mg kepiting mogok moulting. Dosis toleransi yang pas adalah plus minus 10% dari 1/10 mg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 3 =