Bebeja Aquarama 2015 (5): Udang Hias Baru Taiwan

udang-hias-1Kotak akuarium berukuran 60 cm x 30 cm x 30 cm di anjungan Taiwan pada Aquarama 2015 di Singapura itu terlihat menyedot perhatian pehobi dan pelaku bisnis aquascaping dunia.

Mereka secara bergantian menatap selusin udang hias Caridina serrata hibrida yang tengah sibuk berjalan-jalan di sela-sela tanaman air di kotak kaca itu. Inilah udang hias baru dengan nama panggilan cantik: Taiwan Pinto Galaxy.

Taiwan Pinto Galaxy memiliki corak warna menarik kombinasi hitam dan putih dengan selarik garis kekuningan memanjang dari kepala hingga ekor. Sepintas pola warnanya mirip kuda zebra. “Ini salah satu persilangan terbaru kami selama 3 tahun meriset,” ujar Leon Su, presiden director Skyfish Aqua Co LTd di Changzhi, Pingtung County, Taiwan kepada bebeja.com.

udang-hias-2Selain Taiwan Pinto Galaxy tersebut, farm yang fokus pada pengembangan udang hias itu juga membidani kelahiran Taiwan Pinto lain seperti seri Galaxy Fishbone, Fishbone, Tiger, dan Zebra. Perbedaan dari setiap seri itu terletak dari letak corak putih di tubuh sang udang.

Taiwan Pinto Zebra, misalnya, memiliki garis putih tegas hanya di punggung. Jumlah garis putih itu bervariasi antara 6-7 garis. Berbeda dengan Galaxy Fishbone yang corak putihnya hingga ke perut dan sebagian menutup kepala sang udang. “Setiap seri yang kami produksi sudah stabil coraknya,” kata Leon Su. Harap mafhum sepintas bagi orang awam sulit membedakan kesemua seri itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

83 + = 92