Bebeja Flona 2015 (4): Eloknya Kreasi Tillandsia

tillandsia2Tidak banyak pehobi yang memelihara tanaman udara tillandsia. Padahal anggota famili Bromeliaceae itu tidak perlu tempat luas untuk menanamnya. Ia cukup praktis ditanam, ikatkan pada pakis, centong kayu, bahkan kawat ram.

Dengan kawat ram, misalnya, tillandsia tersebut dapat dibuat menjadi aneka kreasi mengikuti kontur kawat ram seperti ditampilkan sebuah stan pada Pameran Flona 2015 Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Tillandsia itu dibuat bak kubah.

Sulit merawatnya? Tillandisa tersebut tidak memerlukan perawatan intensif. Begitu terlihat terdapat tanaman kering, semprotkan air dengan spayer. Bila tampak daun-daun tua, gunting daun kerabat nanas itu secara hati-hati.

Sejatinya tillandsia ditanam dalam pot tanpa media. Tillandsia menyerap nutrisi dari daun dan akar sehingga ia dipanggil sebagai air plant alias tanaman udara. Hal lain yang perlu dicermati adalah tillandsia tetap memerlukan naungan. Pakailah net dengan kerapatan 60%. Artinya, sinar matahari yang diterima tanaman hanya 40%. Untuk menjaga kelembapan, andai diperlukan, taruhlah tillandisa-tersebut didekat wadah atau kolam air bila tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

97 − 90 =