Bebeja Flona 2015 (5): Dua Pilihan Mangga Mengkal

mangga-nangklang-wanSosok buah kecil tapi bergerombol mirip mangga manalagi membuat Damayanti di Bambuapus, Jakarta Timur kepincut memelihara tanaman buah dalam pot (tabulampot) mangga nangklang wan sejak 2013. Saat ini mangga introduksi dari Thailand itu tengah belajar berbuah. “Sudah berbuah 2 kali,” ujar Damayanti.

Sejatinya mangga nangklang wan bukan sosok asing di tanahair meski tidak sepopuler mangga namdokmai atau khio sawai. Penangkar yang menyediakan jenis ini pun tidak banyak. “Mangga ini sudah akrab di kalangan pehobi sejak 2007,” kata Suwarno, penangkar buah di Cimanggis Depok, Jawa Barat

mangga-kiojaiMangga yang bermakna disantap mengkal alias tidak terlalu matang tersebut merupakan salah satu mangga unggulan ekspor Thailand ke Jepang dan beberapa negara Uni Eropa seperti Jerman dan Inggris.

Meskipun mengkal, mangga nangklang wan yang berbobot rata-rata 250-300 gram itu renyah saat digigit dan tentunya berasa manis segar dengan daging buah kekuningan memikat.

Jenis mangga mengkal lain dari negeri Gajah Putih yang populer di tanahair adalah mangga kiojai. Mangga tersebut istimewa karena bobot buahnya dapat mencapai 1,5 kg. Soal rasa? Mangga kiojai memiliki rasa manis sedikit asam dengan tektur buah renyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 8 = 1