Bebeja Flona 2016 (2): Bangku Taman Unik

bangku-taman-dengan-lampu-tenaga-suryaBangku dari besi, bambu, dan kayu lazim menjadi pemanis sebuah taman. Bentuknya standar: bangku panjang yang dapat memuat 2-3 orang.

Posisi bangku-bangku itu biasanya terletak tidak jauh dari kerindangan pepohonan besar agar nyaman dan teduh. Namun, ada yang berbeda saat menjumpai beberapa bangku taman di area Pameran Flona 2016 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Bangku taman berbahan triplek tebal itu dibangun seolah menempel pada batang pohon. Bentuknya mirip angka 8, selebar 1,5 m dan tinggi sekitar 60 cm. Salah satu lubang pada angka 8 itu ruang bagi batang pohon. Nah, bangku tersebut cukup kokoh untuk diduduki hingga 4-5 orang dewasa sambil berlesehan di atasnya.

Yang menarik lagi, desain bangku itu menyatu dengan sebuah tiang lampu bertenaga surya yang dipasang berlawanan arah dengan batang pohon. Tinggi tiang sekitar 2,5 meter. Dua buah lampu masing-masing berkekuatan 20 watt akan menjadi pelita pada saat malam hari bagi pengunjung yang masih ingin memanfaatkan bangku tersebut tanpa perlu takut suasana menjadi gelap.

lampu-solar-cell

lampu-tenaga-surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − = 8