Bebeja Indo Livestock 2016 (2): Rak Kandang Ayam

rak-kandang-ayam-3Rak kandang ayam alumunium itu berukuran tidak terlalu besar, sepanjang 2,4 meter dengan tinggi 2 meter. Rak kandang produksi Valli dari Italia itu mampu menampung sekitar 100 ayam petelur.

Rak kandang tersebut juga dilengkapi ban berjalan yang akan membawa telur-telur ke wadah penyimpanan. Semua sistem kandang itu, mulai dari pemberian pakan hingga pemanenan telur bisa berjalan otomatis setelah di setel terlebih dahulu.

Sistem rak kandang ayam lain dari Turki mempunyai penampilan mirip. Hanya saja, rak kandang itu dipersenjatai sistem lain yang secara otomatis akan membuang kotoran yang menumpuk di dasar kandang. Prinsip kerja sistem tersebut mirip ban berjalan barang di bandara. Pada waktu tertentu ia akan bergerak.

Nah, untuk mencegah korosi akibat semprotan air saat sisa-sisa pakan dan kotoran tersebut dibersihkan, pihak produsen memakai material galvanisasi. Khusus alas di atas ban berjalan menggunakan bahan plastik polypropyline yang lentur, tapi kokoh.

Inovasi rak-rak kandang ayam dari berbagai produsen mancanegara itu memang didesain khusus agar produksi dan efisiensi tetap maksimal. “Desainer kandang kami juga sudah memperhitungkan kenyamanan rak kandang itu bagi ayam,” kata Muhammed dari Kutlusan Poultry Equipment di Ankara, Turki.

rak-kandang-ayam-2 rak-kandang-ayam-5 rak-kandang-ayam-4

rak-kandang-ayam-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

39 + = 48