Bebeja Indo Livestock 2017 (2): Kandang Pedet Portable

Salah satu inovasi pada Indo Livestock 2017 adalah kandang pedet portable alias portable calf pens. Kandang berukuran 0,75 m x 1,5 m tersebut dipakai untuk merawat pedet sapi umur 0-4 pekan. Kandang tersebut dirancang khusus sehingga pedet masih dapat melakukan sejumlah gerakan khususnya untuk tidur.

Sejatinya, pedet baru lahir membutuhkan perawatan khusus karena tingkat kematian pedet cukup tinggi. Persentasenya mencapai 20-30% di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Tingkat kematian tinggi itu lantaran pedet sapi sangat sensitif pada perubahan lingkungan, terutama pedet lepas sapih.

Sebab itu pula kandang pedet diupayakan memenuhi sejumlah kriteria seperti mempunyai suhu dan kelembapan sesuai supaya pedet tak lekas stres.

Berikutnya, kandang pedet juga bersifat individu agar sehabis minum susu, ia lebih tenang. Kandang juga perlu memiliki sirkulasi udara lancar, berlantai kering serta mudah dibersihkan supaya menghindari penyakit.

Pemberian pakan di kandang pedet portable itu juga dirancang semudah mungkin. Dua wadah bak ember ditaruh di depan kandang untuk menaruh pakan. Terkait pemberian susu pada pedet memakai milk replacer, pada pameran itu juga ditampilkan inovasi botol susu memakai dot khusus bagi pedet. Dot susu dibuat semirip mungkin dengan puting induk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 66 = 75