Bebeja Indoaqua 2015 (2): Pemimpin Redaksi Bebeja Moderatori Talkshow Maskoki

talkshow-maskoki

Bincang-bincang dalam Talkshow Bisnis dan Budidaya Maskoki yang digelar oleh penyelenggara Indonesia Aquaculture 2015 dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI pada 30 Oktober 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di Serpong, Provinsi Banten, berlangsung semarak.

Talkshow yang dimoderatori oleh pemimpin redaksi bebeja.com itu, menghadirkan narasumber Yulius Wijaya dari UD Tirta Mas Agung Abadi dari Tulungagung (Jawa Timur), kelompok pembudidaya maskoki terbesar di Indonesia saat ini dan Indro M dari Ndoro Mas Farm di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam paparannya Yulius Wijaya menyebutkan saat ini peluang bisnis maskoki untuk pasar lokal sangat besar. “Kami setidaknya mencetak lebih dari 10 varian maskoki seperti ryukin, komet, dan oranda yang sangat diminati pasar,” kata Yulius. ¬†Kelompok yang dipimpin Yulius bahkan mampu memproduksi 1-juta/tahun maskoki dengan omzet pada 2014 mencapai Rp1,5-miliar. “Itu pun 90% ceruk pasar belum terpenuhi,” katanya.

Senada disampaikan oleh Indro. Dengan kapasitas produksi saat ini 6.000-8.000 maskoki per bulan, untuk memenuhi kebutuhan 4 kios ikan di seputaran Magelang, Jawa Tengah, ia kelimpungan. “Sulit menjaga kontinuitas karena permintaan sangat tinggi,” ujar Indro yang sukses melakukan inovasi dengan memelihara maskoki menggunakan air limbah itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 9 =