Bebeja PENAS XV KTNA 2017 (3): Kontes Dan Expo Ternak

Kontes Dan Expo Ternak pada PENAS XV KTNA 2017 di Stadion Lhong Raya, Banda Aceh cukup semarak. Pada kontes ternak, kerbau jantan berbobot 762,5 kg dan sapi brahman berbobot 790 kg dari Kabupaten Aceh Barat sukses menyabet kampiun sehingga membuat kontingen Aceh Barat menjadi juara tim.

Kontributor bebeja.com, Ir Achmad Raharjo menyaksikan sekitar 80-an sapi saling beradu molek di berbagai jenis seperti sapi limosin IB (IB=Inseminasi Buatan, red), sapi simental IB, sapi brangus IB, dan sapi bali. Secara kualitas, sapi-sapi dengan mayoritas peserta dari Provinsi Aceh tersebut prima, bahkan ada yang berbobot nyaris 1 ton.

Selain kontes ruminansia besar, panitia juga memamerkan domba dan kambing unggul seperti kambing peranakan etawa (PE), kambing boerka, serta domba komposit garut. Yang disebut terakhir merupakan persilangan antara domba lokal garut, domba moulton charollais (Perancis), serta domba st. croix (Amerika Serikat). Domba itu tumbuh relatif cepat serta mampu beradaptasi di berbagai kondisi lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

76 + = 85