Bebeja SIAL Interfood 2106 (1): Es Krim Ikan Nila

es-krim-tilapia-ikan-nilaBagaimana citarasa ikan nila bila diolah menjadi es krim? Lezat? Jawabnya iya! Itulah produk kreatif dari peneliti Central Luzon State University (CLSU) di Manila, Filipina yang dipamerkan pada pameran internasional makanan dan minuman SIAL (Salon International de L’Agroalimentaire) Interfood 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Selatan pada 9-12 November 2016.

Fillet ikan nila memang menjadi bahan utama es krim tersebut, selain susu, biji kenari, serta bahan lain dengan komposisi tertentu. Sebab ikan nila mempunyai kandungan gizi tinggi, maka es krim tilapia-panggilan (tilapia mengacu kepada penyebutan ikan nila di mancanegara, red) itu pun sama: bergizi tinggi.

Es krim dengan aneka bentuk seperti cup dan stick, serta tidak berbau amis tersebut telah diriset bertahun-tahun oleh Dana Vera Cruz serta Dr Tereso Abella dengan hasil sangat memuaskan. Es krim istimewa itu bahkan didaulat sebagai peraih Innovation Gold Award pada SIAL Manila 2016 dengan menyisigkan produk kreatif lain dari 350 peserta asal 25 negara.

Es krim yang juga populer disebut The Daerrys Tilapia Ice Cream (Daerrys merupakan nama gabungan penemu, Dana dan Terry-panggilan akrab Dr Tereso Abella, red) itu dibuat sebagai upaya diversifikasi produk sehingga mampu mendongkrak nilai ekonomi dari budidaya ikan nila yang menjadi salah satu fokus pengembangan perikanan darat di Filipina saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 37 = 39