Bintang 5 Daya Ingat Primata

owa-jawa

Volume otak owa jawa dewasa sekitar 113,7 cc atau sepersebelas dari volume otak manusia dewasa, 1.250-1.500 cc. Namun, jangan pernah sesekali meremehkan daya ingat sang owa. Sekali ia disakiti, goresnya terpatri sepanjang hayat.

Tengoklah perilaku Bobo di pusat penyelamatan, rehabilitasi, dan pelepasan primata endemik jawa dan terancam punah milik Aspinall Foundation di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, seperti owa jawa umumnya. Hylobates moloch betina tersebut doyan bergelayutan. Sesekali Bobo nangkring di cabang pohon ki badak Fragraea wallichiana yang ada di kandang sambil meneriakkan suara khas owa. Semua berjalan normal.

Tindak-tanduk Bobo baru berubah 180 derajat bila menjumpai sosok lelaki gemuk dan besar mendekati kandang. Bobo menjadi jauh lebih agresif. Suaranya melengking. Dari bahasa tubuh tampak bobo tidak nyaman. Boleh jadi Bobo seperti itu karena pernah disakiti oleh orang bertubuh demikian ketika dipelihara sebelumnya.

Apesnya memori itu menancap kuat. Tidak peduli orang bertubuh gemuk dan besar itu bermaksud baik atau buruk, bagi Bobo semua sama: mendatangkan derita. Nah saat salah satu staf perawatan setempat berbobot 95 kg lewat, ia perlu sembunyi-sembunyi ketika melintas kandang Bobo. Bila tidak, selain bertingkah seperti di atas, Bobo memberi staf itu bonus: sambil membalikkan tubuhnya Bobo mengoyang-goyangkan pantatnya seperti mengejek.

Dalam buku Language and Intellegence in Monkey and Apes, Sue Taylor Parker, ahli primata dari Universitas Sonoma di Kalifornia, Amerika Serikat, menjelaskan kelompok primata memiliki kecerdasan andal. Salah satu wujudnya adalah kemampuan mengingat-ingat sesuatu. Ahli primata dari Primate Research Institute of Kyoto University di Jepang, Prof. Tetsuro Matsuzawa, membuktikan itu pada simpanse. Dari risetnya terungkap Pan troglodytes bisa mengalahkan mahasiswa-mahasiswa jago matematika pada tes memori rumit memakai angka 1-9 dalam hitungan detik.

Daya ingat yang kuat itu tidak muncul tiba-tiba, tetapi melalui proses panjang. Pada simpanse, misalnya, ia perlu menghafal jumlah musuh, pejantan dominan, hingga letak sumber pakan. Bila ia lupa dapat mengancam kelangsungan hidupnya. Sebab itu manusia jangan pernah menganggap enteng kemampuan otak primata.

Yang menarik tugas dokter hewan di pusat rehabilitasi primata endemik jawa itu tidak mudah. Ia sering menjadi korban dendam kesumat sang owa akibat menyuntik atau melakukan operasi kecil. Makanya dokter yang melakukan tindakan operasi akan menutup wajahnya memakai masker supaya tidak dikenali owa. Bahkan si owa kalau perlu ditutup matanya.

Sejatinya di luar kelompok primata nan cerdas, masih terdapat banyak mamalia dengan memori kuat. Contoh gajah sumatera Elephas maximus sumatranus. Volume otak gajah mencapai 7.500 cc, terbesar dari semua makhluk darat saat ini. Dengan kapasitas otak seperti itu wajar bila gajah-gajah itu mampu mengingat segala sesuatu di wilayah jelajahnya di radius 30-160 km. Hebatnya lagi, sekali ada orang menyakiti, gajah terus mengingat, bahkan memburu orang tersebut bila berada di wilayah teritorinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 31 = 41