Bisnis Cincau Naik Daun

cincau-1Menanam cincau bagi Budi Wibisono di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada medio 2012 sekadar iseng belaka. Jumlah tanamannya sedikit hanya 20 tanaman yang seluruhnya dirambatkan sebagai tanaman pagar.

Namun pucuk dicita ulam tiba, pada September 2013 seorang pengepul menyambanginya dan tanpa banyak menawar ia memborong daun-daun cincau hijau yang tumbuh lebat itu dengan harga Rp25.000 per kg. Hari itu Budi memperoleh Rp75.000 dari panen 3 kg daun cincau. Budi menuturkan sejak itu pula permintaan daun cincau mulai mengalir dan kini ia harus mampu menyediakan 50 kg daun cincau per bulan.

Bisnis cincau tengah naik daun? Faktanya seiring menjamurnya kafe-kafe kopi dengan mencampurkan cincau, permintaan Premna oblongifolia itu mulai terkerek naik. Contoh Herman di Malang, Jawa Timur. Enam gerai Cincaupuccino yang dikelolanya butuh hingga 75 kg cincau hitam. Sumber cincau berasal dari pasar becek.

Menurut Herman yang memiliki beberapa mitra pemasok itu harga cincau di pasar mencapai Rp35.000-Rp40.000 per drum. Herman juga membeli serbuk cincau Rp6.000 per sachet yang bisa menghasilkan 1 liter cincau bila pasokan dari mitra tersendat.

Bagi pekebun peluang menanam cincau memang menguntungkan. Aldi di Purbalingga, Jawa Tengah saat ini menjual daun dan batang cincau. Ia menjual tiga kelas cincau: super, cacah dan utuh. Kelas super terdiri atas 90% daun dan 10% batang dengan harga Rp32.000 per kg. Kelas cacah berupa campuran 40% daun dan 60% batang dengan harga jual Rp26.000 per kg. Kelas utuh berarti daun dan batang samasekali tidak dicacah, seharga Rp24.000 per kg. Harga-harga itu cenderung stabil sejak 2010 dengan persentase keuntungan di atas 50%.

Aldi yang menanam cincau hitam menuturkan bila ia mendapat permintaan ekspor sebanyak 15—20 ton per bulan ke Cina, Malaysia, dan Singapura. Volume itu diperkirakan terus naik sekitar 20% setiap tahun. Itu belum menghitung kebutuhan lokal yang rata-rata mencapai 6-8 ton per bulan.

Pada saat Ramadhan Aldi menjelaskan kebutuhan cincau melambung hingga 25 ton per bulan. Aldi saat ini bermitra dengan pekebun di 4 kelurahan di Purbalingga. Dari setiap kelurahan itu rata-rata terdapat 50 warga menanam cincau di luas luas rata-rata 200 meter persegi.

cincau-2Kondisi serupa dialami oleh Prabowo, produsen cincau di Sleman, Yogyakarta. Prabowo yang menjual cincau sejak 2010 itu memasok cincau hijau dalam bentuk tanaman dan daun segar ke seputaran Yogyakarta hingga Jabodetabek.

Prabowo yang menanam cincau hijau di lahan seluas 200 meter persegi tetap mengambil pasokan dari pekebun di Bandungan, Kopeng, dan Piyungan agar kontinuitas pasokan terjamin. Prabowo menuturkan ia mampu memproduksi 2 kuintal per bulan cincau hijau pada musim kemarau dan 50-60 kg per bulan pada musim hujan.

Kebutuhan tinggi pada pada musim kemarau lantaran cincau dimanfaatkan sebagai bahan campuran es. Harga jual cincau pada musim kemarau sangat tinggi mencapai Rp30.000/kg. Namun harga tersebut terkoreksi pada musim hujan menjadi Rp15.000-Rp20.000 per kg karena meski volume produksi tetap, tapi permintaan menurun. Namun itu kini dapat disiasati dengan kafe-kafe kopi yang saat ini memakai campuran cincau.

Khusus cincau hijau terdapat 3 jenis: cincau cina atau nasi, daun berbulu, dan daun tebal. Dari ketiganya yang memberikan produksi terbaik adalah cincau cina. Cincau cina memiliki kekentalan bagus dengan warna hijau cerah. Jenis lainnya tidak mudah kental meski warna hijaunya tak kalah terang. Di pasaran saat ini daun cincau berbulu masih mendominasi.

Menurut Yana, produsen cincau di Bandung, Jawa Barat, dari segi pengolahan cincau hijau mudah diproses: tinggal dilumatkan dengan air matang. Berbeda dengan cincau hitam yang perlu direbus terlebih dahulu. Toh produksi cincau hitam maupun cincau hijau tidak masalah karena sejauh ini pasar masih menantikan pasokan.

6 Responses to Bisnis Cincau Naik Daun

  1. Cincau Obat maag

  2. Adakah produsen cincau segar di Malang yang dapat dihubungi?

    • Untuk produksi daun cincau di Malang skala kebun kami tidak memiliki data. Selala ini penanaman cincau dilakukan dalam jumlah terbatas di pekarangan seperti dilakukan salah satu narasumber kami di Malang, Jawa Timur. Pengepul daun cincau yang biasanya akan mencari dan membelinya. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 6 =