Bisnis Pepaya Untung?

pepaya2Simak kelebihan buah pepaya: bila berbuah bisa dipanen terus-menerus, mudah dipasarkan, dan dibutuhkan dalam jumlah banyak. Sayang kelebihan itu tidak berbanding lurus dengan harga. Rata-rata harga pepaya Rp1.500-Rp2.000 per kg di tingkat pedagang. Bandingkan dengan buah lain seperti jeruk (Rp5.000-Rp7.000 per kg), melon (Rp7.000-Rp8.000 per kg), atau semangka (Rp3.500-Rp4.000 per kg).

Apakah berkebun pepaya menguntungkan?

Menurut Sunardi, pekebun di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang menanam 600 pepaya, keuntungan sudah bisa diperoleh pada panen ke-2. Pada saat pepaya berumur 11 bulan, dari populasi tanaman asal Amerika Selatan itu bisa dipetik minimal 15 ton.

Sebagai gambaran setiap pohon dapat memproduksi sebanyak 20 kg selama 7 bulan dengan bobot rata-rata 1,5 kg per buah. Panen berikutnya produksi dan bobot buah meningkat menjadi 30 kg per pohon dan 3-4 kg per buah. Pada umur 2 tahun rata-rata produktivitasnya mencapai 50-60 kg per kg.

pepaya1Dengan harga jual ditingkat petani minimal Rp900 per kg, Sunardi meraup pendapatan Rp13,5-juta. Setelah dipotong ongkos pemeliharaan dan lainnya sebesar Rp25.000 per pohon (Rp15-juta), ayah 2 anak itu masih menangguk rugi Rp1,5-juta. Namun pada 4 bulan berikutnya, saat panen ke-2 dan seterusnya hingga tanaman berumur 4 tahun (produktif), Sunardi bakal meraup laba.

Harap mafhum dengan hasil panen serupa dipotong ongkos perawatan yang menjadi Rp8.000 per pohon per siklus panen (Rp4,8-juta), Sunardi memperoleh omzet Rp8,7-juta per 4 bulan. Nah dengan populasi lebih sedikit sekitar 140 pohon, Wawan di Sukabumi, Jawa Barat, bisa memperoleh omzet Rp35.000 per hari.

Di mata pedagang, pepaya kalifornia bisa membeli nilai jual lebih tinggi karena lebih eksklusif. Harga ditingkat pekebun mencapai Rp3.500 per kg. Lebih mahal ketimbang pepaya bangkok sekitar Rp400-Rp500 per kg. Ismawan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menuturkan bila pepaya kalifornia memenuhi kebutuhan pasar swalayan dan toko buah, sedangkan pepaya bangkok mendominasi pasar tradisional.

Yang jelas menggembirakan pekebun, kedua pasar itu tak pernah kering permintaan. Ismawan tetap saja kelimpungan memenuhi permintaan 3 ton pepaya bangkok yang dijual seharga Rp2.000 per kg. Itu belum order pepaya kalifornia dan pepaya hawaii yang rata-rata mencapai 1 ton per pekan.

Di tangan pedagang pepaya kalifornia mencapai Rp5.000 per kg dan pepaya hawaii Rp7.000 per kg. Nah khusus pasar premium seperti swalayan syarat pepaya ketat seperti bobot 1-1,2 kg per buah dan berkulit mulus. Hal itu yang seringkali sulit dipenuhi karena dari setiap panen yang bisa memenuhi kriteria itu tak sampai 60%.

4 Responses to Bisnis Pepaya Untung?

  1. avatar felbi teguh santuso

    saya tertarik dengan budidaya buah pepaya ,untuk mencapai kesuksesan saya di massa yang akan datang………. mohon bimbingan bapak .

    • Menjadi pelaku agribisnis memang membutuhkan pengetahuan dan jaringan. Bila Anda memilih berusaha di hulu dengan menjadi pekebun, syarat utama supaya berhasil adalah menggali informasi soal kebutuhan pepaya yang diinginkan pasar. Berikutnya tentukan siapa penampung hasil produksi Anda, apakah pengepul, pasar becek, atau langsung kepada pasar swalayan. Ketahui pula standar buah (kualitas, ukuran, citarasa, dsb) yang diinginkan pasar. Langkah berikutnya adalah membudidayakan pepaya tersebut. Salam bebeja

  2. Assalamualaikum,saya andri dari kebumen,dalam beberapa bulan kedepan saya ingin mencoba membudidayakan pepya california, setelah saya survei dibeberapa tempat didaerah saya banyak petani yang mengalami gagal panen dikarenakan pohon pepaya terkena virus dan jamur. untuk menghindari hal tersebut apakah ada langkah yang tepat agar pepaya yang kita tanam dapat berbuah secara maksimal dan kita dapat menikmati hasil panen. mohon saran bapak, terima kasih.

    • Budidaya pepaya sebetulnya tidak sulit asalkan pekebun cermat memilih benih hingga perawatan tanaman serta memperhatikan kondisi lingkungan untuk meminimalisir serangan HPT (Hama Penyakit Tanaman). Tanah merupakan media bagi virus dan cendawan sehingga perlakuan terhadap tanah menjadi penting sebelum budidaya. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 88 = 94