Buah Ara Dan Lebah: Duet Sejati

Kenal pohon ara alias ficus? Itulah keluarga beringin-beringinan. Namun ada cerita menarik seputar pohon ara. Sejatinya tumbuhan ara bergantung kepada lebah untuk kelangsungan hidupnya.

Apa sebab pohon ara bergantung kepada sang lebah? Tidak seperti tanaman lain yang lebih mudah diserbuki lantaran posisi bunga jantan atau betina gampang dijangkau hewan polinator alias penyerbuk, bunga pada pohon ara tersembunyi di dalam buah.

Belum lagi masa matang buah jantan dan betina berbeda meski satu rumah. Sebab itu ficus membutuhkan peran lebah untuk mengantar bunga jantan masak kepada bunga betina masak di buah ficus lainnya.

Hubungan erat ara dan lebah itu sudah berlangsung lebih dari sembilan puluh juta tahun. Istimewanya lagi setiap spesies ara hanya diserbuki oleh satu spesies lebah. Bila saat ini di dunia tercatat 750 spesies pohon ara, artinya terdapat 750 spesies lebah berbeda.

Simon von Noort dari Iziko South Africa Museum di Afrika Selatan menyebutkan saat ini baru teridentifikasi 300 spesies lebah sebagai hewan penyerbuk pohon ara. Contoh Ficus tremula yang diserbuki oleh lebah Courtella wardi dan Ficus sus oleh lebah Ceratosolen capensis. Hubungan spesifik itu menurut Simon untuk mencegah hibridisasi antarficus.

Buah ara masak hasil pembuahan selanjutnya akan mengeluarkan bau memikat yang akan mengundang satwa liar seperti burung, kelelawar, dan monyet datang untuk memakannya. Mereka itulah yang akan memencarkan ara yang kaya karbohidrat dan air itu ke berbagai tempat sehingga menciptakan ekosistem sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 3 =