Buah Naga Penurun Kolesterol Darah

buah-nagaPernahkah mengalami gejala ini: kepala pusing dibarengi bahu terasa kaku? Jangan anggap remeh! Gejala itu pertanda hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol tinggi di darah. Bila dibiarkan dalam jangka waktu lama dan tidak segera diatasi, hiperkolesterolemia memicu aneka penyakit seperti ateroklerosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah) dan jantung koroner. Yang disebut terakhir merupakan penyebab kematian ke-3 terbesar di tanahair.

Biang kerok kolesterol tinggi biasanya terjadi karena makanan. Konsumsi makanan kaya lemak jenuh seperti daging berlemak, susu, telur, hingga camilan seperti gorengan atau kue kering cukup mengerek kadar kolesterol darah menjadi tinggi. Namun sebaliknya konsumsi sayuran dan buah dapat menjaga kadar kolesterol normal.

Penyebab lain kolesterol tinggi adalah faktor keturunan meskipun persentase kejadiannya kecil. Harap mafhum terdapat sebagian kecil orang yang dengan konsumsi makanan lemak jenuh, tetapi tetap memiliki kadar kolesterol darah normal kurang dari 200 mg/dl. Sebaliknya ada yang sudah melakukan diet ketat, tapi kadar kolesterol darah tinggi, di atas 240 mg/dl.

Bagaimana menurunkan kolesterol darah yang tinggi, tapi enak? Konsumsilah buah naga merah. Buah naga ternyata mujarab menurunkan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein atau LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (High Density Lipoprotein atau HDL).

Riset R Mohd Adzim Khalili dan A H Norhayati dari Management and Science University, MY Rokiah dan rekan dari Universiti Putra Malaysia, serta A Abdul Manaf dari Universiti Darul Iman, membuktikan bahwa konsumsi buah naga merah bisa menurunkan kolesterol secara signifikan. Pada uji, periset menggunakan tikus berbobot 200-250 gram dan hasil uji memperlihatkan penurunan kadar LDL tikus sebesar 39,06% yang diberi pakan mengandung 1,17% buah naga merah. Kadar HDL tikus pun meningkat hingga 34,42%.

Bagaimana duduk perkara red pittaya—sebutan lain naga merah—itu menurunkan kolesterol? Periset menyimpulkan kandungan senyawa fenol dan antioksidan pada buah naga merah paling berperan dalam mempengaruhi metabolisme lipid alias lemak. Jadi tidak ada salahnya mulai sekarang mengonsumsi buah naga merah, dijus ataupun segar setiap hari untuk mengatasi hiperkolesterolemia (BC-1).

2 Responses to Buah Naga Penurun Kolesterol Darah

  1. Saya sangat suka artikel kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 37 = 47