Buat Mikroorganisme Lokal (MoL) Skala Rumah

keong-mas

Mikroorganisme Lokal (MoL) saat ini tengah naik daun. Sejatinya, MoL merupakan sekumpulan mikroorganisme yang diperbanyak dan bermanfaat sebagai stater untuk mendekomposisi atau menguraikan bahan organik atau juga menjadi aktivator yang mempermudah penyerapan unsur penting bagi tanaman.

Sejumlah riset membuktikan MoL bisa berfungsi sebagai pupuk dan pestisida hayati. MoL dapat dibuat untuk skala rumah dengan bahan baku yang mudah diperoleh.

Bahan: 2 kg keong/keong mas/tutut segar, 4 liter air kelapa, dan 1 ons gula merah

Cara buat: Pisahkan cangkang keong, lantas tumbuk halus dagingnya. Campurkan bersama air kelapa dan gula merah yang dilarutkan di dalam jerigen berukuran 5 liter. Kocok seluruh bahan dan fermentasikan minimal selama 10 hari. Buka tutup jerigen setiap 3 hari untuk membuang gas fermentasi.

Pemakaian: Bila MoL dipakai sebagai pengurai, semisal pada pembuatan pupuk kompos, perbandingan yang dipakai adalah 1:5 (1 bagian larutan dan 5 bagian air). Namun bila dipakai sebagai pupuk hayati, perbandingan larutan MoL adalah 1:10. Larutan dapat disiramkan di dekat pangkal batang atau disemprotkan ke daun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

27 − = 19