Budidaya Sidat Di Air Deras

sidat1Kolam semen berukuran 2,5 m x 2,5 m berkedalaman 1,8 m itu disesaki hampir 1.000 sidat berbobot rata-rata di atas 100 gram/ekor. Sebagian Anguilla bicolor itu tampak berebut berenang ke atas permukaan.

Mereka mendatangi kotak paralon berukuran 60 cm x 60 cm yang berjaring. Sebelumnya di atas jaring itu seorang pekerja menaruh gumpalan pakan sebesar kepalan tangan orang dewasa. Tak sampai 1 menit, pakan-pakan itu habis disantap sidat.

Kolam itu hanya satu dari belasan kolam sidat yang dikelola Deny Firmansyah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Yang menarik adalah sistem pemeliharaan sidat yang memakai cara memelihara ikan mas, air deras. Harap mafhum selama ini pembesaran sidat dilakukan di kolam dengan air diam dan mengandalkan kincir untuk menjaga kualitas air. “Kami sudah bereksperimen dengan cara ini sejak 3 tahun lalu dan hasilnya cukup memuaskan,” ujar Deny.

Yang dimaksud dengan pemeliharaan sidat di air deras adalah sirkulasi air dari pipa inlet ke dalam kolam berlangsung selama 24 jam. Di baris antarkolam terdapat selokan selebar 40 cm yang menampung aliran air dari sungai. Air itu yang masuk ke dalam kolam melalui pipa bergaris tengah 8 cm yang ujungnya sedikit dimampatkan menjadi gepeng supaya tercipta dorongan air lebih kuat, seperti air deras dan menjadi sumber oksigen terlarut.

sidat8Saat air baru masuk, otomatis air di dasar kolam terdorong keluar melalui pipa outlet. Sistem ini otomatis mampu menjaga kualitas air karena sisa pakan dan kotoran langsung terbuang setiap saat. Walhasil sidat-sidat tumbuh besar tanpa risiko terkena penyakit akibat kualitas air buruk.

Menurut Deny dari ketinggian kolam 1,8 m tidak seluruhnya diisi air. “Tinggi air dikolam di atur hanya setinggi 1 meter,” ujarnya. Dengan kedalaman 1 m itu sidat-sidat leluasa untuk bergerak memanfaatkan kolom kolam. Lantaran ruang gerak lebih leluasa, nafsu makan sidat-sidat itu lebih besar. Pantas saja bobot 250-300 gram/ekor dapat dicapai dalam waktu 7-7,5 bulan dari tebar ukuran glass eels sekitar 10-15 ram/ekor. “Pakan diberikan sehari 3 kali. Petama pukul 09.00, 15.00, dan 21.00,” kata Deny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 1