Bunga Kenikir Dongkrak Warna Kuning

bunga-kenikir-pewarna-kuningIngin paruh dan kaki burung lebih kuning mengkilap? Bulunya lebih kuning menyala? Atau pada ikan, corak kuning keemasan lebih solid?

Coba campurkan bunga kenikir Tagetes erecta pada pakan. Anggota keluarga Asteraceae yang itu sudah dipakai sebagai pewarna alami pakan ternak di Kanada agar kaki dan paruh bangsa unggas lebih kuning.

Warna kuning pada bunga kenikir berasal dari 2 pigmen golongan karotenoid dan flavonoid. Ekstrak bunga kenikir mengandung sekitar 27% karotenoid dengan 90% pigmen lutein yang menyebabkan warna kuning. Sisanya 0,4% betakaroten dan 15% kroptoxantin ester.

Riset Dimas Martha Kusuma dari Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada pada 2012 memperlihatkan pemberian tepung bunga kenikir pada pakan ikan buatan mampu mendongkrak kecerahan warna kuning pada maskoki jenis oranda.

Penelitian itu memaparkan pemberian 1,5% tepung bunga kenikir pada total pakan, memberikan hasil terbaik dengan persentase peningkatan warna 127,53% dan nila chroma sebesar 54,54.

Khusus pada ikan, mereka hanya bisa mensintesa warna hitam dan putih, sedangkan warna lain seperti merah, jingga, serta kuning harus mendapat asupan dari luar, yakni tergantung jumlah karotenoid yang terdapat pada pakan. Nilai chroma sendiri adalah indikator peningkatan warna pada ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

48 − = 46