Burung Kicauan Jadi Juara? Jangan Dimandikan

cendet

Salah satu bagian penting saat merawat burung kicauan adalah memperlakukan burung ketika mabung alias ganti bulu. Di saat itu jangan pernah memandikan burung berkicau dan pastikan kandang burung selalu tertutup.

Masa mabung burung dapat berlangsung 2 bulan dan akan berulang 6 bulan berikutnya. Pada masa itu kondisi tubuh burung menurun: loyo dengan bulu ke atas seperti merinding.

Pada saat mabung itu suara burung kicauan seperti cendet, misalnya, akan terdengar serak. Secara alami suara serak burung akan hilang seiring habisnya masa mabung. Namun seringkali terjadi, suara serak burung malah berkepanjangan karena salah perlakuan.

Jadi, pada saat burung kicauan mabung ia sama sekali tidak boleh dimandikan. Bila itu dilanggar jangan kaget bila suara burung bisa serak selama setahun. Obatnya? Sampai saat ini belum ada.

Perawatan penting lain burung kicauan adalah pemberian pakan. Pakan burung juara sebetulnya tidak berbeda dengan burung kicauan lain. Pakan terdiri atas voer dan jangkrik. Voer sebagai sumber karbohidrat dan jangkrik merupakan sumber protein.

Untuk pakan tambahan alias extrafooding, berikan kroto yang berfungsi untuk memperkuat stamina burung. Namun, kroto diberikan cukup satu sendok makan setiap bulan lantaran konsumsi kroto berlebihan bisa membuat suara buruk serak dan terlalu aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

35 − 27 =