Cara Korea Lestarikan Pohon Tua

pohon pinusLangkah yang ditempuh The Korea Forest Research Institute (KFRI) dan Cultural Heritage Administration di Korea Selatan patut ditiru. Kedua lembaga itu berkolaborasi menyelamatkan pohon-pohon tua di negeri Ginseng itu yang merupakan monumen alam.

Pohon-pohon seperti zelkova, ginkgo, dan pinus (foto pertama) di berbagai lokasi di Korea yang telah mencapai usia ratusan tahun, dikloning alias diperbanyak seperti induknya di dalam laboratorium khusus.

1. Pohon zelkova di Damyang, Jeollanam, Provinsi Jeolla Selatan, berusia 600 tahun. Tingginya 34 meter dan berdiameter 8,8 meter. Pohon zelkova yang diyakini sebagai pohon suci itu ditanam oleh Lee Seong-gye, pendiri Dinasti Joseon. (foto kedua)

2. Pohon ginkgo berumur 700 tahun itu berada di Andong, Gyeongsangbuk-do, Provinsi Gyeongsang Utara. Pohon setinggi 31 meter dan berdiameter 14 meter itu sejak 1966 ditabalkan menjadi monumen alam. Pemerintah daerah setempat sudah menghabiskan 2-miliar won untuk proyek pelestarian pohon itu selama 3 tahun. (foto ketiga)

pohon zelkova

pohon ginkgo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 4 =