Cara Pakai Pupuk Daun

pupuk-daun

Tanaman hias dan buah biasanya tetap perlu diberikan pupuk daun selain melalui tanah. Pemupukan lewat daun dinilai paling efektif karena unsur makro dan mikro pupuk daun dapat langsung menembus permukaan sel daun.

Lantaran itu nutrisi terserap lebih besar, sampai 20 kali lipat dibanding pupuk yang dibenamkan di media tanam.

Pupuk daun perlu diencerkan dalam volume air tertentu. Biasanya 1 cc per liter atau 1 g per liter. Pemupukan sebaiknya dilakukan pagi hari hingga sekitar pukul 09.00 atau sore hari setelah pukul 16.00.

Jangan pernah melakukan penyemprotan di siang hari, malam hari, dan saat cuaca mendung. Pada malam hari, misalnya, pupuk sulit diserap daun lantaran stomata-pintu masuknya unsur hara-dalam kondisi tertutup. Pada saat siang, larutan pupuk cepat menguap sehingga daun tidak bisa maksimal menyerap. Frekuensi pemupukan minimal seminggu 1-2 kali.

Yang perlu diingat adalah pada saat penyemprotan bukan bagian permukaan daun yang disemprot, melainkan bagian bawah daun. Hal itu karena posisi stomata daun berada di bawah daun.

2 Responses to Cara Pakai Pupuk Daun

  1. avatar Zaswyn fernando Hasugian

    Saat tanaman itu terkena abu vulkanik . .
    Apa bisa dipupuk ?

    • Abu vulkanik mengandung unsur silika, mineral, dan debu bebatuan. Sebaiknya pastikan daun tanaman “bersih” dari abu vulkanik. Hal itu supaya pupuk dapat diserap maksimal melalui stomata daun yang terletak di bawah permukaan daun. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 11 = 14