Cara Rawat Anjing Trah Besar

anjingSecara umum untuk memelihara anjing trah besar seperti anjing gembala jerman (german sheppard), rottweiler, dan golden retriever memerlukan cara tertentu. Kenali anjing sejak usia dini sehingga mudah beradaptasi sehingga sifat agresifnya terkontrol. Harap mafhum tingkat agresivitas setiap anjing berbeda.

Sejatinya semakin awal proses adaptasi, semakin baik hasilnya. Hal itu Itulah sebabnya banyak pehobi memilih membeli anak anjing berumur dua bulan kemudian dibesarkan, meski terdapat pula pehobi yang memilih membeli anjing dewasa dengan mengimpor dari mancanegara.

Proses adaptasi memang lebih mudah dilakukan pada anak anjing. Proses tersebut dapat dimulai sejak anjing di penangkarnya. Caranya, beberapa hari sebelum anak anjing dibeli itu dibawa pulang, alas tempat tidur yang akan digunakan dikirimkan dahulu ke penjual anjing itu agar diletakkan di kandang anak anjing yang sudah terbeli.

Sewaktu anak anjing dibawa pulang, alas itu sekaligus dibawa. Dengan demikian, bau yang melekat di alas tempat tidur bisa menenangkannya. Hal itu dapat membantu mengurangi stres anjing terhadap lingkungan baru.

Berikutnya tempat tidur anak anjing sebaiknya diletakkan di sudut tertentu yang dekat dengan tempat aktivitas keluarga, misalnya di sudut dapur, di pojok taman dalam rumah, atau di ruang keluarga. Di tempat seperti itu setiap hari anjing dapat melihat kesibukan sehingga bisa cepat akrab.

Anak anjing trah besar umumnya energik sehingga bersifat aktif. Sebab itu pemilik anjing trah besar perlu menciptakan lingkungan yang aman untuk anjing maupun orang di sekitarnya seperti menghindari sampah berserakan yang mungkin bisa termakan serta kabel listrik yang tergigit bisa membuat anjing shock.

Anjing bisa saja dibiarkan berkeliaran bebas bila pemiliknya ada di rumah. Seandainya ditinggal pergi, anjing perlu dikandangkan atau diikat. Akan lebih baik bila pemilik anjing memiliki halaman luas untuk tempat bermain anjing. Pada saat anjing dilepas, pastikan bahwa pagar tertutup rapat sehingga ia tidak dapat keluar. Perlengkapan berkebun seperti pestisida, peralatan berkebun, kantung pupuk, dan lain-lain sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anjing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 67 = 75