Cetak Nangka Super Ala Thailand

Inilah tiga varietas nangka terbesar di Thailand: Thong sod cai, champa krob, dan rian thong. Di sentra produksi, ketiga varietas nangka itu berbuah dua kali setahun dengan bobot rata-rata 45-50 kg per buah. Kunci sukses itu terletak waktu pemeliharaan yang cermat.

1. Panen nangka di Thailand berlangsung dua kali, yakni Januari-Februari dan November-Desember. Di awal tahun bunga yang keluar biasanya dibuang karena dapat menganggu pertumbuhan buah yang sedang berlangsung. Pada Januari, pembungkus buah biasanya dipasang.

2. Pada Februari, pembungkus buah dibuka. Nangka yang matang siap dipanen.

3. Pascapanen tanaman disehatkan kembali dengan cara memberikan pupuk kandang yang dicampur dolomit. Selang 15 hari diberikan NPK 15:15:15 sebanyak 1 kg per pohon.

4. Sekitar Maret-April pangkas 1/3 dari bagian tajuk.

5. Sekitar Juli berikan pupuk kandang kembali tanpa dolomit.

6. Sekitar September-Oktober, tanaman mulai siap berbunga. Pastikan lingkungan sekitar pohon bersih dari gulma untuk meminimalisasi kehadiran hama dan penyakit.

2 Responses to Cetak Nangka Super Ala Thailand

  1. avatar prince fahd sulaiman

    Salam kenal,untuk dpatkan bibit nangka super ala thailand dmna pak?mksh

    • Untuk varietas nangka dari Thailand seperti Thong sod cai, champa krob, dan rian thong, kami belum memiliki informasi penangkar yang menyediakan bibit tersebut di tanahair. Namun dengan varietas lokal yang dimiliki, bisa mencapai hasil sama asalkan cara budidayanya diperlakukan serupa seperti pada varietas nangka dari negeri Gajah Putih tersebut. Salam bebeja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

22 + = 32