Ciri Ayam Cemani Sejati

ayam-cemani

Ayam cemani sejati harus serba hitam: bulu hitam, daging hitam, hingga tulang yang hitam. Tidak boleh ada bagian tubuh lain yang berwarna lain di luar hitam.

Sejauh ini ayam cemani yang sangat langka adalah ayam cemani yang memiliki lidah dan telak hitam berpadu dengan darahnya hitam pula. Bila ada, harga ayam cemani tersebut mencapai puluhan juta rupiah.

Ayam cemani memiliki beberapa tingkatan berdasarkan kehadiran warna hitamnya. Tingkat paling dasar adalah ayam cemani biasa yang memiliki ciri jengger, pial, muka, kulit, bulu, kaki, dan anus berwarna hitam. Tingkatan selanjutnya adalah ayam cemani plus yang memiliki ciri seperti ayam cemani biasa, tapi paruh dan kuku kakinya hitam.

Pada tingkat ketiga adalah ayam cemani super yang memiliki kedua ciri pada tingkatan sebelumnya ditambah lidah dan telak (bawah lidah) yang hitam. Nah pada tingkat tertinggi adalah ayam cemani dengan ciri 3 tingkatan sebelumnya serta berdarah hitam.

Ayam cemani super, misalnya bisa dibuat meskipun persentase keberhasilannya rendah. Caranya adalah menyilangkan ayam kedu hitam dengan sesamanya sampai 5 generasi. Sebagai gambaran ayam kedu hitam berasal dari Desa Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah yang merupakan salah satu jenis ayam lokal langka dan bertipe ayam petelur produktif.

Nah, yang perlu diwaspadai saat menangkarkan ayam kedu hitam adalah sifatnya yang bisa berubah galak dengan rajin mematuk sesamanya. Bila tidak segera dipisahkan salah satu ayam kedu hitam tersebut bisa mati. Oleh sebab itu di luar masa kawin ayam kedu hitam yang menjadi induk ayam cemani perlu dipisahkan dari sesamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

56 − 54 =