Cryptanthus, Si Cantik Minim Perawatan

cryptantusSosoknya pendek, berdaun kaku memanjang bak golok dengan pinggiran berlekuk-lekuk seperti keris. Pola daun beragam, polos hingga bergaris dengan kombinasi 2-4 warna. Sifatnya tahan banting membuatnya cocok sebagai tanaman untuk mengisi terarium, pot indoor, atau border taman. Dialah cryptanthus.

Cryptanthus terlahir dengan kemampuan adaptasi yang luar biasa. Ia dapat hidup di segala tipe tanah, beragam iklim, dan kondisi lingkungan mulai dari pantai hingga pegunungan. Tempat bertabur cahaya atau ternaungi tak jadi masalah.

Sebagai tanaman pot penghias ruangan, cryptanthus bisa mengisi tempat ekstrim seperti kamar mandi atau dapur. Tanaman yang terdiri atas 20 spesies itu dapat bertahan 1-2 bulan di dalam ruangan. Setelah itu warna bakal memudar. Jika diletakkan dalam ruangan berpendingin, sebaiknya ia dikeluarkan 2-3 jam setiap pekan.

Perawatan serba minim bukan kendala bagi si cantik cryptanthus. “Bila kekurangan air, ia tahan dan saat kelebihan air, ia kuat,” ujar Koko, kolektor cryptanthus di Jakarta. Yang penting media pot cukup hara supaya cryptanthus tumbuh subur. Dengan media tanam campuran pakis, andam, dan pasir, perbandingan 1:1:1, sumber makanannya cukup dengan memberikan pupuk slow release.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

31 − = 30