Daeshim, Murbei Baru Korea Selatan

mulberiPeriset dari Korea’s Rural Development Administration (RDA) berhasil menciptakan murbei baru yang dapat tumbuh cepat dengan buah lebih besar. Murbei baru tersebut diberi nama daeshim.

Murbei daeshim bisa dipanen pada umur satu tahun sejak ditanam dari biji. Padahal jenis murbei lainnya perlu waktu hingga tiga tahun untuk panen.

Menurut periset murbei RDA, produktivitas daesim mencapai 734 kg untuk lahan usaha 10 hektar. Volume itu 2 kali lebih tinggi daripada jenis murbei populer lain yang ditanam di Korea Selatan, yakni chungil. Setiap buah murbei berbobot besar mencapai 4,7 gram

Sung Kyu Bung, salah satu periset RDA, menuturkan buah murbei daeshim diketahui bermanfaat besar bagi kesehatan karena mengandung senyawa C3G yang berperan sebagai agen antipenuaan atau antiaging. Sudah begitu daeshim juga memiliki manfaat penting lain sebagai pencegah hipertensi dan hipoglikemik. Dengan kondisi itu saat ini pihak RDA tengah memperbanyak daeshim untuk dibagikan kepada pekebun murbei di Korea Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 5