Daun Salam Tuntaskan Asam Urat

daun-salam1Salim Suntoro di Surabaya, Jawa Timur memiliki senjata ampuh untuk mengatasi asam urat sejak 3 tahun lalu. Pria 48 tahun itu bakal merebus 7 daun salam bersama 8-10 irisan rimpang kunyit dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. “Saya meminum 2 kali pada pagi dan malam hari masing-masing segelas,” ujar pegawai swasta itu. Salim biasanya mengonsumsi selama 2-3 hari berturut-turut.

Salim menuturkan saat asam urat kambuh, ia didera linu di persendian. Bila parah, sendinya dapat membengkak karena radang yang disertai nyeri hebat. “Ini terjadi kalau sudah kelewatan makan jeroan atau kacang,” ujar ayah 3 anak itu. Rasa nyeri pada sendi terjadi karena kristal monosodiuium urat monohidrat menumpuk.

Daun salam Eugenia polyantha secara turun temurun diketahui berkhasiat mengatasi asam urat. Senyawa flavonoid pada daun salam bersifat diuretik sehingga mendorong penderita lebih sering berkemih. Dampak sering berkemih itu dapat mengurangi membuang purin di tubuh. Flavonoid juga efektif menekan kinerja enzim xantin oksidase yang berujung mengurangi pembentukan asam urat.

kunyit1Riset Vera Hazielawati dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah di Yogyakarta pada 2014 dengan responden penderita asam urat di Dusun Modinan Gamping, Sleman Yogyakarta juga membuktikan khasiat daun salam. Air rebusan daun salam mampu menurunkan kadar asam urat penderita rata-rata sebesar 10 mg/dl menjadi 4-5 mg/dl selama sepekan konsumsi.

Penelitian I Wayan Getas dan rekan dari Poltekkes Kemenkes Mataram, Nusa Tenggara Barat yang tertuang dalam Media Bina Ilmiah Volume 6 tahun 2012 juga memperlihatkan khasiat daun salam untuk menurunkan kadar asam urat. Sifat penurunan itu mirip seperti kerja obat kimia penurun kadar asam urat darah dari golongan urikosurik dan golongan penghambat xantin oksidase.

Apa fungsi rimpang kunyit? Rimpang kunyit Curcuma domestica diketahui berefek antiinflamasi alias mengurangi radang. Penelitian terkait khasiat rimpang kunyit itu dibuktikan melalui hewan percobaan tikus putih jantan. Hasilnya? Dosis ekstrak rimpang kunyit hingga 1.000 mg/bobot tubuh mereduksi radang hingga 78,37%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 7